LogoLogo
🇮🇩 Bahasa Indonesia
🇮🇩 Bahasa Indonesia
  • Mengenal OCA Blast
  • Panduan OCA Blast
    • Broadcast
      • Voice Broadcast
        • Membuat Percakapan Interactive Voice Response (IVR)
        • Membuat Voice Broadcast
        • Menjadwalkan IVR Broadcast
        • Melihat Detail IVR Broadcast
        • Melihat Laporan dan Pengunaan IVR
        • Mengunggah File Audio untuk IVR
      • SMS Broadcast
        • Membuat Pesan Template SMS
        • Membuat SMS Broadcast
        • Menjadwalkan SMS Broadcast
        • Melihat Detail SMS Broadcast
        • Melihat Penggunaan SMS Broadcast
      • Email Broadcast
        • Membuat Pesan Template Email
        • Membuat Email Broadcast
        • Menjadwalkan Email Broadcast
        • Melihat Detail Email Broadcast
        • Melihat Penggunaan Email Broadcast
        • Melihat Daftar Pengguna yang Berhenti Berlangganan Email
        • Authenticating Domains For Email Deliverability
      • WhatsApp Broadcast
        • Membuat Template WhatsApp Message
        • Membuat WhatsApp Broadcast
        • Menjadwalkan WhatsApp Broadcast
        • Menambahkan Gambar atau Video, di WhatsApp Blast Form
        • Melihat Detail dan Kuota Terpakai dalam WhatsApp Broadcast
        • Melihat Penggunaan WhatsApp Broadcast dalam Periode Tertentu
        • Melihat Laporan Sesi WhatsApp Broadcast
        • Update Skema Penggunaan Kuota WhatsApp Broadcast
      • Broadcast Gagal Terkirim
        • Mengetahui Penyebab SMS Broadcast Gagal Terkirim
        • Mengetahui Penyebab Email Broadcast Gagal Terkirim
        • Mengetahui Penyebab WhatsApp Broadcast Gagal Terkirim
    • Validation
      • Melakukan Validasi Email dari Grup Kontak
    • Contacts
      • Membuat Grup Kontak Baru
    • File Management
      • Mengunggah file ke dalam File Management
      • Membuat folder baru, dan mengunggah file di dalam folder baru
      • Memindahkan file, ke dalam folder
    • Account Security
      • Mengaktifkan Two-Factor Authentication (2FA)
      • Pembaruan Berkala Kata Sandi
  • Release Notes
    • What's New
  • Kembali ke OCA Product Documentation
Powered by GitBook
On this page
  • Mengetahui Skema Kuota Terpakai dalam Broadcast Berjalan
  • Mengunduh Laporan Broadcast
  1. Panduan OCA Blast
  2. Broadcast
  3. WhatsApp Broadcast

Melihat Detail dan Kuota Terpakai dalam WhatsApp Broadcast

PreviousMenambahkan Gambar atau Video, di WhatsApp Blast FormNextMelihat Penggunaan WhatsApp Broadcast dalam Periode Tertentu

Last updated 4 days ago

Anda dapat melihat jumlah dari setiap status pesan broadcast yang telah dijalankan dengan mengklik ikon mata pada salah satu broadcast.

Pada halaman Broadcast Report, Anda dapat melihat status dari pesan yang dikirim ke setiap pelanggan.

  • Delivered: Pesan terkirim.

  • Read: Pesan sudah dibaca pelanggan.

  • Submitted: Pesan yang sudah selesai diproses dan menunggu terkirim ke pelanggan.

  • In Queue: Pesan sedang dalam antrian pengiriman.

  • Rejected: Pesan tidak dapat diterima oleh pelanggan. Hal ini bisa terjadi karena beberapa hal, misalnya nomor pelanggan tidak terdaftar di WhatsApp, versi aplikasi WhatsApp tidak mendukung, dan lain-lain.

  • Failed: Pesan gagal dikirim.

Untuk pesan dengan status Failed atau gagal terkirim, Anda dapat melihat alasan gagal pengiriman dengan mengarahkan kursor ke ikon informasi di sebelah status.

Pelajari keterangan terkait Penyebab Kegagalan WhatsApp Broadcast dan dapatkan solusi dari permasalahan Anda.

Mengetahui Skema Kuota Terpakai dalam Broadcast Berjalan

Pengiriman broadcast WhatsApp akan memiliki waktu proses selama 31 hari.

Broadcast yang berada dalam proses pengiriman ke pelanggan akan memiliki status Processing atau Submitted. Kuota broadcast WhatsApp akan ditahan untuk memproses pengiriman dan disebut sebagai Hold Quota. Hal ini akan mengurangi total kuota broadcast WhatsApp yang Anda miliki.

Ketika status pengiriman telah berubah menjadi Delivered, kuota akan resmi berkurang karena pengiriman broadcast telah berhasil dikirimkan ke pelanggan Anda.

Jika broadcast masih berstatus Processing atau Submitted setelah 31 hari, pengiriman akan otomatis digagalkan oleh sistem OCA dan status broadcast berubah menjadi Failed. Kuota dari broadcast yang gagal akan masuk ke dalam antrian pengembalian kuota di hari ke-31.

Kuota yang sudah berhasil dikembalikan dapat digunakan untuk broadcast lainnya.

Mengunduh Laporan Broadcast

Anda dapat melihat status dari broadcast yang dikirim ke setiap pelanggan dan melihat broadcast dengan status tertentu dengan menggunakan filter.

Klik Download Report by Filter untuk mengunduh data terkait status pelanggan yang sudah difilter pada broadcast yang dipilih.

File laporan akan diproses dan Anda akan menerima notifikasi ketika file sudah dapat didownload.

Klik ikon notifikasi di kanan atas dan klik Download File untuk menyimpan file laporan terkait status broadcast pada perangkat Anda.