Memahami Penggunaan Kuota WhatsApp Broadcast

Per 1 Juli 2025, Meta akan memberlakukan skema penggunaan kuota broadcast WhatsApp yang berbeda. Skema kuota broadcast ini bertujuan untuk membuat penggunaan kuota lebih sederhana dan mudah dimengerti oleh seluruh pengguna.

Skema Penggunaan Kuota Sebelumnya Sebelum 1 Juli 2025, skema penggunaan kuota menggunakan metode sesi yang berlaku selama 24 jam. Selama sesi 24 jam tersebut masih aktif, pengguna dapat mengirimkan lebih dari 1 broadcast WhatsApp. Sebagai contoh, jika pengguna mengirimkan 1 pesan broadcast Marketing pada jam 07.00 dan mengirimkan 1 pesan broadcast Marketing lainnya pada jam 15.00, maka kuota yang akan terpakai hanya 1 kuota broadcast Marketing.

Berdasarkan skema penggunaan kuota Meta saat ini, kuota broadcast WhatsApp yang digunakan akan dihitung per pesan broadcast yang terkirim, dengan detail sebagai berikut:

Jenis Kuota Broadcast
Penggunaan Kuota

Marketing

Dihitung sesuai jumlah pesan terkirim

Authentication

Dihitung sesuai jumlah pesan terkirim

Utility

Sesi Customer Service Aktif: Tidak dihitung dalam penggunaan kuota Sesi Customer Service Nonaktif: Dihitung sesuai jumlah pesan terkirim

Contoh Penggunaan Kuota

  1. Contoh A: Sesi Customer Service Nonaktif Jika Anda mengirimkan 1 (satu) broadcast Marketing, kemudian mengirimkan 2 (dua) broadcast Utility, maka Anda akan dikenakan penggunaan 1 kuota Marketing dan 2 kuota Utility selama tidak ada sesi Customer Service yang aktif.

  2. Contoh B: Sesi Customer Service Aktif Jika pelanggan memulai percakapan yang dikirimkan ke WhatsApp bisnis Anda (sesi customer service aktif), Anda dapat membalas pesan tersebut menggunakan pesan broadcast Utility tanpa dikenakan penggunaan kuota.

    Namun, jika Anda mengirimkan pesan broadcast Marketing atau Authentication, Anda akan dikenakan penggunaan kuota sesuai kategori dan jumlah dari broadcast yang dikirim.

    Sebagai gambaran, penggunaan kuota untuk pengiriman broadcast Utility jika ada sesi Customer Service yang aktif diilustrasikan seperti di bawah ini.

    Jika pelanggan mengirimkan pesan pada jam 00.00 dan Anda mengirim broadcast Utility pada jam 23.00, broadcast tersebut gratis dan tidak mengurangi broadcast Utility.

    Dan selanjutanya, jika Anda mengirimkan broadcast Utility jam 01.00 di hari berikutnya, broadcast tersebut akan mengurangi kuota Anda.

Last updated