Memahami Penggunaan Kuota WhatsApp Broadcast
Per 1 Juli 2025, Meta akan memberlakukan skema penggunaan kuota broadcast WhatsApp yang berbeda. Skema kuota broadcast ini bertujuan untuk membuat penggunaan kuota lebih sederhana dan mudah dimengerti oleh seluruh pengguna.
Berdasarkan skema penggunaan kuota Meta saat ini, kuota broadcast WhatsApp yang digunakan akan dihitung per pesan broadcast yang terkirim, dengan detail sebagai berikut:
Marketing
Dihitung sesuai jumlah pesan terkirim
Authentication
Dihitung sesuai jumlah pesan terkirim
Utility
Dihitung sesuai jumlah pesan terkirim, baik dalam sesi Customer Service aktif atau nonaktif
Sesi Customer Service adalah sesi percakapan yang aktif selama 24 jam antara pelanggan dengan akun WhatsApp bisnis Anda saat pelanggan mengirimkan pesan terlebih dulu.
Contoh Penggunaan Kuota
Contoh A: Sesi Customer Service Nonaktif Jika Anda mengirimkan 1 (satu) broadcast Marketing, kemudian mengirimkan 2 (dua) broadcast Utility, maka Anda akan dikenakan penggunaan 1 kuota Marketing dan 2 kuota Utility selama tidak ada sesi Customer Service yang aktif.
Last updated