Memahami Penggunaan Kuota WhatsApp Broadcast
Per 1 Juli 2025, Meta akan memberlakukan skema penggunaan kuota broadcast WhatsApp yang berbeda. Skema kuota broadcast ini bertujuan untuk membuat penggunaan kuota lebih sederhana dan mudah dimengerti oleh seluruh pengguna.
Berdasarkan skema penggunaan kuota Meta saat ini, kuota broadcast WhatsApp yang digunakan akan dihitung per pesan broadcast yang terkirim, dengan detail sebagai berikut:
Marketing
Dihitung sesuai jumlah pesan terkirim
Authentication
Dihitung sesuai jumlah pesan terkirim
Utility
Sesi Customer Service Aktif: Tidak dihitung dalam penggunaan kuota Sesi Customer Service Nonaktif: Dihitung sesuai jumlah pesan terkirim
Sesi Customer Service adalah sesi percakapan yang aktif selama 24 jam antara pelanggan dengan akun WhatsApp bisnis Anda saat pelanggan mengirimkan pesan terlebih dulu.
Contoh Penggunaan Kuota
Contoh A: Sesi Customer Service Nonaktif Jika Anda mengirimkan 1 (satu) broadcast Marketing, kemudian mengirimkan 2 (dua) broadcast Utility, maka Anda akan dikenakan penggunaan 1 kuota Marketing dan 2 kuota Utility selama tidak ada sesi Customer Service yang aktif.
Contoh B: Sesi Customer Service Aktif Jika pelanggan memulai percakapan yang dikirimkan ke WhatsApp bisnis Anda (sesi customer service aktif), Anda dapat membalas pesan tersebut menggunakan pesan broadcast Utility tanpa dikenakan penggunaan kuota.
Namun, jika Anda mengirimkan pesan broadcast Marketing atau Authentication, Anda akan dikenakan penggunaan kuota sesuai kategori dan jumlah dari broadcast yang dikirim.
Sebagai gambaran, penggunaan kuota untuk pengiriman broadcast Utility jika ada sesi Customer Service yang aktif diilustrasikan seperti di bawah ini.
Jika pelanggan mengirimkan pesan pada jam 00.00 dan Anda mengirim broadcast Utility pada jam 23.00, broadcast tersebut gratis dan tidak mengurangi broadcast Utility.
Dan selanjutanya, jika Anda mengirimkan broadcast Utility jam 01.00 di hari berikutnya, broadcast tersebut akan mengurangi kuota Anda.

Last updated