Memahami Penggunaan Kuota WhatsApp Broadcast

Per 1 Juli 2025, Meta akan memberlakukan skema penggunaan kuota broadcast WhatsApp yang berbeda. Skema kuota broadcast ini bertujuan untuk membuat penggunaan kuota lebih sederhana dan mudah dimengerti oleh seluruh pengguna.

Skema Penggunaan Kuota Sebelumnya Sebelum 1 Juli 2025, skema penggunaan kuota menggunakan metode sesi yang berlaku selama 24 jam. Selama sesi 24 jam tersebut masih aktif, pengguna dapat mengirimkan lebih dari 1 broadcast WhatsApp. Sebagai contoh, jika pengguna mengirimkan 1 pesan broadcast Marketing pada jam 07.00 dan mengirimkan 1 pesan broadcast Marketing lainnya pada jam 15.00, maka kuota yang akan terpakai hanya 1 kuota broadcast Marketing.

Berdasarkan skema penggunaan kuota Meta saat ini, kuota broadcast WhatsApp yang digunakan akan dihitung per pesan broadcast yang terkirim, dengan detail sebagai berikut:

Jenis Kuota Broadcast
Penggunaan Kuota

Marketing

Dihitung sesuai jumlah pesan terkirim

Authentication

Dihitung sesuai jumlah pesan terkirim

Utility

Dihitung sesuai jumlah pesan terkirim, baik dalam sesi Customer Service aktif atau nonaktif

Contoh Penggunaan Kuota

  1. Contoh A: Sesi Customer Service Nonaktif Jika Anda mengirimkan 1 (satu) broadcast Marketing, kemudian mengirimkan 2 (dua) broadcast Utility, maka Anda akan dikenakan penggunaan 1 kuota Marketing dan 2 kuota Utility selama tidak ada sesi Customer Service yang aktif.

Last updated