Mendownload Laporan Pengiriman Broadcast
Untuk mengetahui detail keberhasilan dan informasi pengiriman lainnya dari broadcast yang sudah dilakukan, Anda dapat mendownload laporan broadcast pada periode waktu tertentu.
Masuk ke halaman Generate Report dan klik Generate New WA Report untuk mulai mendapatkan laporan broadcast WhatsApp yang dibutuhkan.

Pilih periode pengiriman broadcast pada bagian Date Range dan klik Apply. Klik ikon pencarian untuk melihat daftar broadcast dalam periode tersebut.

Pilih broadcast yang Anda butuhkan. Anda dapat mengklik check box pada di bagian kiri atas tabel untuk memilih semua broadcast yang muncul pada halaman tersebut atau memilih broadcast tertentu saja.
Selanjutnya, klik Create Report.

Masukkan nama broadcast pada Report Name dan klik untuk memilih status pengiriman yang dibutuhkan pada Message Status.
Selanjutnya, klik Request Generate Report untuk memproses data broadcast.

Proses dari data tersebut akan ditampilkan pada kanan bawah halaman dan laporan akan memiliki status Processing.

Tombol Download akan bisa diklik untuk menyimpan laporan ketika proses sudah selesai dan status berubah menjadi Done.
Klik Refresh untuk memperbarui status dan klik Download pada laporan yang dibutuhkan.
Pilih status pengiriman yang dibutuhkan dalam laporan dan klik Download. Dokumen akan otomatis terdownload dan disimpan ke dalam perangkat Anda.

Memahami Dokumen Laporan WhatsApp
Laporan WhatsApp disimpan ke dalam perangkat Anda dalam format .csv. Data yang ditampilkan adalah:
campaign_id
Kode unik untuk setiap broadcast.
677298d600e15f001*******
campaign_name
Nama broadcast yang dikirim.
Promosi Layanan OCA Mei 2025
phone_number
Nomor WhatsApp pelanggan.
+6281234567890
status
Status broadcast yang dikirim ke pelanggan.
Delivered
Read
Submitted
In Queue
Rejected
Failed
transaction_date
Waktu keseluruhan broadcast mulai diproses.
2024-12-30 07:58:03 PM WIB
contact_group_id
Kode unik untuk grup kontak penerima broadcast.
675986f434c4************
contact_group_name
Nama grup kontak penerima broadcast.
Customer OCA 2025
contact_vars
Data kontak lainnya milik pelanggan.
name:samanta|email:[email protected]|no.pegawai:11| Data diperoleh dari informasi dalam kontak. Pada contoh di atas, pelanggan memiliki 3 data lainnya, yaitu nama, email, dan nomor pegawai.
category_template
Kategori dari template yang digunakan pada template.
Marketing
Utility
Authentication
billing_type
Penggunaan kuota pada broadcast yang dikirim ke kontak tersebut.
Paid
Free
Failed
submitted_time
Waktu pesan selesai diproses untuk dikirim ke pelanggan.
(dalam format tanggal dan waktu)
delivered_time
Waktu pesan diterima oleh pelanggan.
(dalam format tanggal dan waktu)
read_time
Waktu pesan dibaca oleh pelanggan.
(dalam format tanggal dan waktu)
rejected_time
Waktu pesan tidak dapat diterima oleh pelanggan.
(dalam format tanggal dan waktu)
failed_time
Waktu pesan gagal dikirim.
(dalam format tanggal dan waktu)
Last updated