LogoLogo
🇮🇩 Bahasa Indonesia
🇮🇩 Bahasa Indonesia
  • Mengenal OCA Blast
  • Panduan OCA Blast
    • Broadcast
      • Voice Broadcast
        • Membuat Percakapan Interactive Voice Response (IVR)
        • Membuat Voice Broadcast
        • Menjadwalkan IVR Broadcast
        • Melihat Detail IVR Broadcast
        • Melihat Laporan dan Pengunaan IVR
        • Mengunggah File Audio untuk IVR
      • SMS Broadcast
        • Membuat Pesan Template SMS
        • Membuat SMS Broadcast
        • Menjadwalkan SMS Broadcast
        • Melihat Detail SMS Broadcast
        • Melihat Penggunaan SMS Broadcast
      • Email Broadcast
        • Membuat Pesan Template Email
        • Membuat Email Broadcast
        • Menjadwalkan Email Broadcast
        • Melihat Detail Email Broadcast
        • Melihat Penggunaan Email Broadcast
        • Melihat Daftar Pengguna yang Berhenti Berlangganan Email
        • Authenticating Domains For Email Deliverability
      • WhatsApp Broadcast
        • Membuat Template WhatsApp Message
        • Membuat WhatsApp Broadcast
        • Menjadwalkan WhatsApp Broadcast
        • Menambahkan Gambar atau Video, di WhatsApp Blast Form
        • Melihat Detail dan Kuota Terpakai dalam WhatsApp Broadcast
        • Melihat Penggunaan WhatsApp Broadcast dalam Periode Tertentu
        • Melihat Laporan Sesi WhatsApp Broadcast
        • Update Skema Penggunaan Kuota WhatsApp Broadcast
      • Broadcast Gagal Terkirim
        • Mengetahui Penyebab SMS Broadcast Gagal Terkirim
        • Mengetahui Penyebab Email Broadcast Gagal Terkirim
        • Mengetahui Penyebab WhatsApp Broadcast Gagal Terkirim
    • Validation
      • Melakukan Validasi Email dari Grup Kontak
    • Contacts
      • Membuat Grup Kontak Baru
    • File Management
      • Mengunggah file ke dalam File Management
      • Membuat folder baru, dan mengunggah file di dalam folder baru
      • Memindahkan file, ke dalam folder
    • Account Security
      • Mengaktifkan Two-Factor Authentication (2FA)
      • Pembaruan Berkala Kata Sandi
  • Release Notes
    • What's New
  • Kembali ke OCA Product Documentation
Powered by GitBook
On this page
  • Skema Penggunaan Kuota Terbaru
  • Contoh Penggunaan Kuota
  1. Panduan OCA Blast
  2. Broadcast
  3. WhatsApp Broadcast

Update Skema Penggunaan Kuota WhatsApp Broadcast

Per 1 Juli 2025, Meta akan memberlakukan skema penggunaan kuota broadcast WhatsApp terbaru. Update skema kuota broadcast ini bertujuan untuk membuat penggunaan kuota lebih sederhana dan mudah dimengerti oleh seluruh pengguna.

Skema Penggunaan Kuota Sebelumnya Sebelum 1 Juli 2025, skema penggunaan kuota menggunakan metode sesi yang berlaku selama 24 jam. Selama sesi 24 jam tersebut masih aktif, pengguna dapat mengirimkan lebih dari 1 broadcast WhatsApp. Sebagai contoh, jika pengguna mengirimkan 1 pesan broadcast Marketing pada jam 07.00 dan mengirimkan 1 pesan broadcast Marketing lainnya pada jam 15.00, maka kuota yang akan terpakai hanya 1 kuota broadcast Marketing.

Skema Penggunaan Kuota Terbaru

Dalam skema penggunaan kuota terbaru Meta, kuota broadcast WhatsApp yang digunakan akan dihitung per pesan broadcast yang terkirim, dengan detail sebagai berikut:

Jenis Kuota Broadcast
Penggunaan Kuota

Marketing

Dihitung sesuai jumlah pesan terkirim

Authentication

Dihitung sesuai jumlah pesan terkirim

Utility

Sesi Customer Service Aktif: Tidak dihitung dalam penggunaan kuota Sesi Customer Service Nonaktif: Dihitung sesuai jumlah pesan terkirim

Sesi Customer Service adalah sesi percakapan yang aktif selama 24 jam antara pelanggan dengan pengguna saat pelanggan mengirimkan pesan terlebih dahulu ke WhatsApp bisnis Anda.

Contoh Penggunaan Kuota

  1. Contoh A Jika Anda mengirimkan 1 (satu) broadcast Marketing, kemudian mengirimkan 2 (dua) broadcast Utility, maka Anda akan dikenakan penggunaan 1 kuota Marketing dan 2 kuota Utility selama tidak ada sesi Customer Service yang aktif.

  2. Contoh B Jika pelanggan memulai percakapan yang dikirimkan ke WhatsApp bisnis Anda (sesi customer service aktif), Anda dapat membalas pesan tersebut menggunakan pesan broadcast Utility tanpa dikenakan penggunaan kuota. Namun, jika Anda mengirimkan pesan broadcast Marketing atau Authentication, Anda akan dikenakan penggunaan kuota sesuai kategori dan jumlah dari broadcast yang dikirim.

PreviousMelihat Laporan Sesi WhatsApp BroadcastNextBroadcast Gagal Terkirim

Last updated 9 days ago