Element dalam Chatbot

Elements digunakan untuk menentukan alur komunikasi dari chatbot yang akan Anda buat dan gunakan pada channel komunikasi Anda.

Untuk menambahkan elemen, klik tombol Add Element. Klik dan tarik elemen yang ingin Anda tambahkan ke kanvas.

Tiap elemen memiliki fungsi yang berbeda dalam merancang alur komunikasi dari chatbot Anda.

User Input

Elemen User Input berfungsi untuk memprediksi dan menerima pesan pelanggan yang dikirimkan kepada chatbot sesuai dengan alur percakapan yang ingin Anda buat. Anda dapat membuat beberapa elemen User Input yang berasal dari satu parent element yang sama sehingga Anda dapat membuat beberapa asumsi terkait respon pelanggan dalam percakapan.

Komponen dari elemen User Input terdiri dari Keywords, Variables, dan User Says.

Klik Add Keyword pada kolom Keywords untuk menambahkan kata kunci berupa frasa atau kata tunggu yang dapat memicu respon bot. Masukkan kata kunci pada kolom Create New Keyword dan klik Add.

Komponen Variable dapat Anda gunakan untuk mengkategorikan pesan dari pelanggan ke dalam kelompok tertentu. Misalnya, Anda ingin mengkategorikan pesan pelanggan yang masuk pada elemen User Input tersebut sebagai nama pelanggan, maka Anda dapat mengklik Add Variable.

Masukkan “nama_pelanggan” pada kolom Create New Variable. Jika Anda sebelumnya sudah pernah membuat variabel pada chatbot yang sama, Anda dapat memilih variabel tersebut pada kolom Choose Existing Variable.

Klik Add untuk menyimpan variabel.

Variabel “nama_pelanggan” yang ada pada elemen User Input tersebut dapat digunakan dan ditampilkan sebagai balasan dari bot pada elemen Bot Response.

Komponen User Says akan menganalisis pesan pengguna untuk menghubungkan dengan balasan bot yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Anda dapat menambahkan beberapa prediksi pesan balasan pada kolom User Says.

Pada kolom User Says, Anda dapat memprediksi balasan pelanggan dari beberapa himpunan kata kunci atau memvalidasi balasan pelanggan dalam format tertentu mengklik ikon Entities.

Pelajari Entities dan Pengunaan Entities untuk membantu bot memberikan pesan balasan yang akurat.

Bot Response

Elemen Bot Response dapat diatur untuk memberikan balasan sesuai dengan pesan pelanggan yang diterima melalui elemen User Input dalam percakapan. Untuk mengatur pesan balasan, klik format balasan yang Anda ingin buat pada kotak Responses dan tarik ke kotak Bot Response di sebelahnya.

Anda dapat mengirimkan pesan balasan dengan berbagai format dalam satu elemen Bot Response. Klik dan tarik tiap format pada jendela Bot Response untuk mengatur urutan format pada pesan balasan.

Jenis pesan yang dapat Anda kirimkan melalui bot diantaranya adalah:

1. Text

Melalui format pesan Text, Anda dapat mengirimkan balasan dalam bentuk pesan teks kepada pelanggan. Anda juga dapat membuat pesan balasan lebih personal dengan menambahkan Variable yang telah Anda tambahkan sebelumnya pada elemen User Input.

2. Random Text

Anda dapat membuat beberapa variasi dari pesan teks yang akan dikirimkan secara acak oleh bot melalui satu elemen Bot Response dengan menggunakan format pesan Random Text.

3. Button Reply

Fitur balas cepat bagi pelanggan yang sedang berinteraksi dengan bot dapat Anda sediakan melalui format respon Button Reply. Masukkan pesan pada kotak teks di kolom Bot Response dan klik Add Button untuk menambahkan tombol balas cepat ataupun tombol aksi.

Pilih Send Message pada Button Reply Type untuk membuat template pesan balas cepat bagi pelanggan.

Masukkan teks yang akan dimunculkan pada tombol pada kolom Button Reply Label dan masukkan pesan balas cepat pada Button Value.

Untuk mengarahkan pelanggan ke elemen tertentu yang telah Anda buat sebelumnya dalam percakapan, pilih Go To Element pada Button Reply Type.

Masukkan teks yang akan dimunculkan pada kolom Button Reply Label dan pilih elemen yang telah ada pada kanvas melalui kolom Choose Element.

Klik Save untuk menyimpan penambahan tombol.

4. List Menu Button

Format List Menu Button dapat memberikan balasan kepada pelanggan dengan menampilkan beberapa opsi balas cepat dan tombol aksi. Masukkan pesan balasan pada kotak teks dan klik Button untuk mengubah teks yang akan menampilkan daftar opsi balas cepat yang dapat dipilih pelanggan.

Klik Show List Button untuk mengedit dan menambahkan beberapa opsi tombol balas cepat.

Klik Button dalam kotak List Button untuk mengubah teks yang akan ditampilkan dari opsi balas cepat tersebut.

Pada jendela yang muncul, masukkan teks yang akan muncul sebagai opsi balas cepat pada kolom List Button Label dan tambahkan deskripsi mengenai opsi tersebut pada kolom List Button Description.

Jika Anda memilih Send Messsage pada bagian Button Type, Anda dapat memasukkan template pesan balas cepat pada kolom List Button Value. Sementara itu, jika Anda memilih Go To Element, Anda dapat memilih elemen tertentu yang telah ada di dalam kanvas Anda untuk mengarahkan pelanggan ke alur percakapan tersebut.

Klik Save untuk menyimpan opsi balas cepat.

Untuk menambahkan opsi balas cepat lainnya, klik Add Button.

5. CTA Button

Untuk dapat menambahkan tombol yang dapat digunakan oleh pelanggan untuk mengakses tautan atau nomor telepon Anda, Anda harus mengajukan template terlebih dahulu. Masukkan pesan pada kotak teks dan klik Add Button untuk menambahkan tautan atau nomor telepon.

Klik Button dan pilih tipe Open URL pada Button Type untuk menambahkan tombol menuju tautan website pada balasan bot atau pilih Phone Call untuk menambahkan tombol yang dapat membantu pelanggan untuk menghubungi nomor telepon Anda. Klik Save untuk menyimpan tombol.

Anda dapat menambahkan masing-masing 1 (satu) tombol untuk nomor telepon dan 1 (satu) tombol untuk tautan website.

6. Image

Informasi berupa gambar dapat dikirimkan oleh bot melalui format Image dengan maksimal ukuran gambar sebesar 10 MB. Klik ikon kamera untuk mengunggah gambar yang ingin disematkan.

7. Video

Melalui format Video, bot dapat mengirimkan pesan balasan beserta dengan video kepada pelanggan. Unggah video dengan mengklik ikon pemutar dan masukkan pesan balasan bot pada kotak teks di bawahnya.

8. File

Anda dapat mengirimkan dokumen dalam percakapan antara bot dengan pelanggan dengan memilih format File pada Bot Response. Anda hanya dapat mengirim dokumen dalam format .pdf, .docx, atau .xlsx dengan maksimal dokumen sebesar 10 MB.

Melalui format Gallery, bot dapat mengirimkan beberapa gambar dalam satu pesan. Klik ikon kamera untuk mengunggah gambar yang akan dikirim bot. Anda juga dapat menambahkan keterangan gambar pada kolom Image Caption. Klik Add Card untuk mengunggah gambar lainnya.

10. Audio

Media suara juga dapat dikirimkan kepada pelanggan melalui format Audio.

Setelah selesai menentukan respon bot pada elemen tersebut, klik ikon centang pada kanan atas jendela Bot Response untuk menyimpan elemen ke dalam alur percakapan.

Else

Elemen Else digunakan pada parent element yang sama dengan salah satu elemen User Input untuk menangkap dan merespon pesan pelanggan yang tidak dapat dipahami oleh bot dan dikategorikan sebagai fallback.

Fallback terjadi jika pesan pelanggan tidak memiliki kata kunci atau format yang sesuai dengan komponen dari elemen User Input.

JSON API

Elemen JSON API dapat membantu Anda untuk mengintegrasikan sistem eksternal berupa API ke dalam percakapan dalam bot.

Melalui elemen ini, Anda dapat melakukan validasi terhadap identitas pelanggan, misalnya menggunakan alamat email, nomor pelanggan, atau variabel lain yang dapat digunakan sebagai identitas pelanggan. Anda dapat menentukan respon bot jika proses validasi berhasil ataupun gagal.

Go To Element

Anda dapat mengarahkan pelanggan ke alur atau elemen tertentu dalam percakapan melalui elemen Go To Element. Pilih elemen yang ingin dituju pada menu dropdown Element.

Flow Group

Melalui elemen Flow Group, Anda dapat menyederhakan rangkaian alur percakapan dengan mengelompokkan beberapa elemen ke dalam 1 (satu) elemen Flow Group. Pelajari Penggunaan Flow Group untuk membuat tampilan chatbot Anda lebih teratur.

Send to Agent

Gunakan elemen Send To Agent untuk menghubungkan pelanggan yang sebelumnya berinteraksi dengan bot dengan Agent Anda.

Pada dropdown Type yang muncul di jendela Send To Agent, pilih General jika Anda ingin menghubungkan pelanggan ke Agent yang tersedia.

Untuk menghubungkan pelanggan ke Agent yang tersedia dari departemen tertentu, Anda dapat memilih Send to Department dan pilih departemen yang ada di kolom dropdown Choose Department.

Sementara itu, ika Anda ingin menghubungkan pelanggan ke Agent tertentu, pilih Send to Specific Agent dan pilih departemen dari Agent yang ingin dituju. Kemudian pilih nama Agent.

End Chat

Untuk menutup alur percakapan pelanggan dengan bot, gunakan elemen End Chat.

Pastikan Anda mengklik ikon centang pada kanan atas jendela elemen untuk menyimpan perubahan yang dilakukan pada tiap elemen.

Last updated