Merancang Alur Percakapan Chatbot

Pada laman List of Chatbot, klik salah satu chatbot yang telah Anda buat untuk mulai merancang atau mengedit alur komunikasi dari chatbot tersebut.

Anda akan diarahkan ke kanvas pada laman Flow Builder untuk dapat merancang alur komunikasi chatbot.

Jika Anda belum pernah melakukan perubahan apapun setelah membuat chatbot, Anda akan menemukan alur default pada laman Flow Builder.

Atur alur komunikasi dari chatbot yang Anda buat dengan menambahkan berbagai elemen chatbot dengan berbagai fungsi yang berbeda sesuai dengan kebutuhan Anda pada diagram alur komunikasi chatbot Anda.

Klik tombol Add Element yang ada di sebelah kiri halaman untuk memunculkan elemen yang dapat ditambahkan ke diagram Anda.

Klik dan tarik elemen yang ingin Anda tambahkan ke dalam diagram pada kanvas sesuai dengan alur komunikasi yang ingin dibuat.

Untuk menghubungkan satu elemen dengan elemen lainnya, arahkan kursor ke sisi kanan elemen yang akan dihubungkan hingga muncul bentuk lingkaran atau persegi panjang transparan. Klik bentuk transparan tersebut dan tarik kursor ke elemen yang ingin Anda hubungkan.

Untuk mengedit komponen dari elemen chatbot pada diagram alur komunikasi Anda, klik elemen yang diinginkan. Kemudian, masukkan nama dan edit komponen dari elemen pada jendela yang muncul di layar Anda.

Pelajari Element untuk mengetahui fungsi dari setiap elemen serta komponen yang dapat Anda edit di dalamnya.

Anda dapat menghapus elemen bot yang telah ditambahkan ke dalam kanvas dengan mengklik ikon Remove pada bagian bawah elemen. Sementara, untuk menggandakan elemen bot, klik ikon Duplicate.

Anda juga dapat mencari elemen yang telah Anda masukan ke dalam kanvas berdasarkan nama atau tipe elemen dengan mengklik ikon Search Element.

Setelah selesai merancang alur komunikasi dari chatbot Anda, klik Save as Draft untuk menyimpan chatbot yang telah Anda buat sebagai draft pada dashboard OCA AI.

Klik Publish untuk menerbitkan atau memperbarui perubahan chatbot. Jika chatbot sebelumnya sudah diintegrasikan dengan salah satu channel komunikasi, alur komunikasi chatbot akan otomatis diperbarui sesuai dengan perubahan yang Anda lakukan.

Setiap perubahan yang Anda simpan sebagai draft atau dipublikasikan akan disimpan sebagai versi baru dari chatbot dan dapat diakses melalui tombol Version History pada sisi kiri laman Flow Builder.

Versi chatbot yang telah dipublikasikan akan memiliki label Publish.

Last updated