Menggunakan AI Plus dalam Alur Percakapan Chatbot

Pada halaman Flow Builder, klik dan geser elemen AI Plus ke dalam kanvas pada alur percakapan yang dibuat.

Pilih kumpulan informasi yang akan digunakan dalam menghasilkan jawaban dari elemen AI Plus pada bagian Knowledge Base.

Klik Customize AI Persona untuk mengatur gaya komunikasi serta cara penyampaian informasi AI hingga topik dan prompt untuk AI tersebut.

Mengatur Gaya Komunikasi Chatbot AI

Pengaturan gaya komunikasi AI dapat dilakukan pada tab General.

Masukkan dan pilih berbagai data yang sesuai dengan gaya komunikasi dari chatbot AI yang Anda inginkan. Pelajari deskripsi dari setiap variabel dalam AI Persona beserta contohnya.

Variabel AI Persona
Deskripsi
Contoh

AI Name

Nama dari chatbot AI Anda yang digunakan untuk memperkenalkan diri.

OCAbot

Customer Name

Sapaan yang digunakan chatbot kepada pelanggan.

Pelanggan OCA

Response Token Limit

Batas penggunaan token AI Plus untuk menghasilkan satu respon. Batas penggunaan yang dimasukkan harus lebih dari 256 token.

256

Knowledge Base Limit

Batas sumber informasi dalam Knowledge Base terpilih yang digunakan AI untuk menghasilkan setiap respon.

1 Source

AI Conversation Memory

Jumlah pesan terakhir dalam percakapan yang akan dianalisis dan dijadikan acuan oleh AI untuk menghasilkan respon berikutnya. Banyaknya pesan yang dianalisis akan mempengaruhi penggunaan Conversation Token.

3 Messages

Tone of Voice

Gaya komunikasi dari chatbot AI.

Casual and Conversational

Additional Instruction

Instruksi tambahan untuk mengatur respon AI dalam situasi tertentu.

  • Jika pelanggan menyampaikan keluhan, sampaikan permintaan maaf sebelum membantu menyelesaikan masalah.

  • Jangan menjawab pertanyaan terkait biaya layanan.

Agent Handover Condition

Kata kunci untuk mengalihkan percakapan ke agen manusia.

Ingin berbicara dengan CS

Pemilihan Tone of Voice adalah salah satu kunci dari gaya komunikasi chatbot AI Anda. Pilih salah satu Tone of Voice yang sesuai dengan komunikasi dari layanan Anda.

Tone of Voice
Deskripsi
Contoh Respon

Casual and Conversational

Berinteraksi santai, seperti berkomunikasi di dalam percakapan sehari-hari.

“Yuk, tanya-tanya aja soal layanan ini. Aku bantu jawab ya!”

Professional and Formal

Gaya komunikasi resmi dan formal, seperti dalam percakapan bisnis dan pekerjaan.

“Kami siap menjawab pertanyaan Anda mengenai layanan ini.”

Instructive and Direct

Menjelaskan informasi dengan membimbing pelanggan dan tanpa basa-basi.

“Tanyakan layanan yang ingin Anda ketahui. Saya akan menjawabnya sekarang.”

Empathy and Friendly

Berkomunikasi dengan bersahabat dan penuh empati terhadap kebutuhan pelanggan.

“Kami akan selalu menjawab semua pertanyaan Anda tentang layanan yang ingin Anda ketahui😊”

Playful and Fun

Berinteraksi dengan candaan.

"Punya pertanyaan soal layanan ini? Aku siap bantu kamu kapan aja 🎉”

Mengatur Topik yang Ditangani Chatbot AI

Selanjutnya, masuk ke tab Topic untuk menambahkan prompt atau instruksi terkait pembahasan tertentu yang diberikan oleh pelanggan.

Klik Create Topic untuk menambahkan topik dan prompt.

Masukkan topik yang akan ditangani oleh AI Plus pada Topic Name. Kemudian, tambahkan instruksi untuk chatbot dalam merespon topik tersebut pada bagian Prompt.

Pastikan topik yang dimasukkan sesuai dengan informasi dalam Knowledge Base terpilih.

Klik Save & Close untuk menyimpan topik.

Last updated