Menggunakan AI Plus dalam Alur Percakapan Chatbot

Pada halaman Flow Builder, klik dan geser elemen AI Plus ke dalam kanvas pada alur percakapan yang dibuat.

Pilih kumpulan informasi yang akan digunakan dalam menghasilkan jawaban dari elemen AI Plus pada bagian Knowledge Base.

Mengatur Gaya Komunikasi Chatbot AI

Melalui AI Persona, Anda dapat mengatur gaya komunikasi serta cara penyampaian informasi AI hingga topik dan prompt yang akan ditangkap hingga digunakan dalam percakapan.

Klik ikon AI Persona untuk menampilkan pop-up pengaturan.

Masukkan dan pilih berbagai data yang sesuai dengan gaya komunikasi dari chatbot AI yang Anda inginkan pada tab General.

Pelajari deskripsi dari setiap variabel dalam AI Persona beserta contohnya melalui tabel di bawah ini.

General

AI Profile

Variabel dalam bagian AI Profile akan menggambarkan kepribadian chatbot AI Anda dalam berkomunikasi.

Variabel AI Persona
Deskripsi
Contoh

AI Name

Nama dari chatbot AI Anda yang digunakan untuk memperkenalkan diri.

OCAbot

Customer Name

Sapaan yang digunakan chatbot kepada pelanggan.

Pelanggan OCA

Tone of Voice

Gaya komunikasi dari chatbot AI.

Casual and Conversational

Pemilihan Tone of Voice adalah salah satu kunci dari gaya komunikasi chatbot AI Anda. Pilih salah satu Tone of Voice yang sesuai dengan komunikasi dari layanan Anda.

Tone of Voice
Deskripsi
Contoh Respon

Casual and Conversational

Berinteraksi santai, seperti berkomunikasi di dalam percakapan sehari-hari.

“Yuk, tanya-tanya aja soal layanan ini. Aku bantu jawab ya!”

Professional and Formal

Gaya komunikasi resmi dan formal, seperti dalam percakapan bisnis dan pekerjaan.

“Kami siap menjawab pertanyaan Anda mengenai layanan ini.”

Instructive and Direct

Menjelaskan informasi dengan membimbing pelanggan dan tanpa basa-basi.

“Tanyakan layanan yang ingin Anda ketahui. Saya akan menjawabnya sekarang.”

Empathy and Friendly

Berkomunikasi dengan bersahabat dan penuh empati terhadap kebutuhan pelanggan.

“Kami akan selalu menjawab semua pertanyaan Anda tentang layanan yang ingin Anda ketahui😊”

Playful and Fun

Berinteraksi dengan candaan.

"Punya pertanyaan soal layanan ini? Aku siap bantu kamu kapan aja 🎉”

Limitation

Variabel dalam bagian Limitation mengatur seberapa banyak input hingga output yang dapat dikelola oleh chatbot AI dalam menjawab setiap pesan.

Variabel AI Persona
Deskripsi
Contoh

Response Token Limit

Batas penggunaan token AI Plus untuk menghasilkan satu respon. Batas penggunaan yang dimasukkan harus lebih dari 256 token.

256

Knowledge Base Limit

Batas sumber informasi dalam Knowledge Base terpilih yang digunakan AI untuk menghasilkan setiap respon.

1 Source

AI Conversation Memory

Jumlah pesan terakhir dalam percakapan yang akan dianalisis dan dijadikan acuan oleh AI untuk menghasilkan respon berikutnya. Banyaknya pesan yang dianalisis akan mempengaruhi penggunaan Conversation Token.

3 Messages

Instruction Prompt

Variabel dalam Instruction Prompt merupakan perintah tambahan untuk chatbot AI Anda dalam kondisi tertentu.

Variabel AI Persona
Deskripsi
Contoh

Additional Instruction

Instruksi tambahan untuk mengatur respon AI dalam situasi tertentu.

  • Jika pelanggan menyampaikan keluhan, sampaikan permintaan maaf sebelum membantu menyelesaikan masalah.

  • Jangan menjawab pertanyaan terkait biaya layanan.

Agent Handover Condition

Kata kunci untuk mengalihkan percakapan ke agen manusia.

Ingin berbicara dengan CS

Setiap prompt yang ditambahkan pada Additional Instruction, Agent Handover Conditon, dan Topic Prompt akan memengaruhi jumlah token yang digunakan dalam percakapan dengan AI Plus. Estimated Token per Prompt menampilkan perkiraan penggunaan token dari setiap prompt. Namun, penggunaan token aktual dapat berbeda tergantung dari konteks dan respon pengguna dalam percakapan dengan AI Plus.

Selain itu, Anda dapat menggunakan bantuan AI untuk memperbaiki prompt yang telah dimasukkan dengan mengklik Optimize Prompt. Melalui fitur ini, prompt yang dihasilkan akan lebih efisien, baik secara kalimat maupun token yang akan digunakan.

Pastikan prompt awal yang Anda masukkan tidak terlalu singkat sehingga AI dapat memberikan rekomendasi dan perbaikan prompt yang sesuai dengan konteks.

Setelah prompt Anda diperbaiki, klik Use This Suggestion untuk menggunakan prompt yang telah diperbaiki oleh AI atau klik Discard untuk membatalkan.

Jika prompt yang diberikan belum sesuai yang Anda harapkan, klik Generate New Suggestion untuk mendapatkan prompt lain yang sudah diperbaiki.

Setiap memperbaiki prompt, estimasi token yang digunakan pun akan diperbarui.

Klik Save Changes untuk menyimpan gaya komunikasi chatbot pada tab General.

Mengatur Topik yang Ditangani Chatbot AI

Selanjutnya, masuk ke tab Topic untuk menambahkan prompt atau instruksi terkait pembahasan tertentu yang diberikan oleh pelanggan.

Penambahan topik ditujukan untuk mengelompokkan percakapan user dengan AI ke beberapa topik tertentu yang telah ditambahkan. Melalui penambahan topik, Anda dapat mengetahui topik yang banyak didiskusikan oleh pelanggan pada menu Report.

Klik Create Topic untuk menambahkan topik dan prompt.

Masukkan topik yang ingin dilacak dalam percakapan AI Plus pada Topic Name. Kemudian, tambahkan deskripsi untuk membantu chatbot mengelompokkan topik tersebut pada bagian Prompt.

Pastikan topik yang dimasukkan sesuai dengan informasi dalam Knowledge Base terpilih.

Lihat estimasi token yang akan digunakan pada bagian Estimated Token per Prompt. Hasil riil penggunaan token bisa jadi berbeda tergantung panjang percakapan dan respon yang dihasilkan AI Plus.

Anda dapat menggunakan bantuan AI untuk memperbaiki prompt yang telah dimasukkan dengan mengklik Optimize Prompt.

Pastikan prompt awal yang Anda masukkan tidak terlalu singkat sehingga AI dapat memberikan rekomendasi dan perbaikan prompt yang sesuai dengan konteks.

Setelah prompt Anda diperbaiki, klik Use This Suggestion untuk menggunakan prompt yang telah diperbaiki oleh AI atau klik Discard untuk membatalkan.

Jika prompt yang diberikan belum sesuai yang Anda harapkan, klik Generate New Suggestion untuk mendapatkan prompt lain yang sudah diperbaiki.

Setiap memperbaiki prompt, estimasi token yang digunakan pun akan diperbarui.

Klik Add Topic untuk menyimpan topik.

Last updated