Menggunakan AI Plus dalam Alur Percakapan Chatbot
Pada halaman Flow Builder, klik dan geser elemen AI Plus ke dalam kanvas pada alur percakapan yang dibuat.

Pilih kumpulan informasi yang akan digunakan dalam menghasilkan jawaban dari elemen AI Plus pada bagian Knowledge Base.

Mengatur Gaya Komunikasi Chatbot AI
Melalui AI Persona, Anda dapat mengatur gaya komunikasi serta cara penyampaian informasi AI hingga topik dan prompt yang akan ditangkap hingga digunakan dalam percakapan.
Klik ikon AI Persona untuk menampilkan pop-up pengaturan.

Masukkan dan pilih berbagai data yang sesuai dengan gaya komunikasi dari chatbot AI yang Anda inginkan pada tab General.

Pelajari deskripsi dari setiap variabel dalam AI Persona beserta contohnya melalui tabel di bawah ini.
General
AI Profile
Variabel dalam bagian AI Profile akan menggambarkan kepribadian chatbot AI Anda dalam berkomunikasi.
AI Name
Nama dari chatbot AI Anda yang digunakan untuk memperkenalkan diri.
OCAbot
Customer Name
Sapaan yang digunakan chatbot kepada pelanggan.
Pelanggan OCA
Tone of Voice
Gaya komunikasi dari chatbot AI.
Casual and Conversational
Pemilihan Tone of Voice adalah salah satu kunci dari gaya komunikasi chatbot AI Anda. Pilih salah satu Tone of Voice yang sesuai dengan komunikasi dari layanan Anda.
Casual and Conversational
Berinteraksi santai, seperti berkomunikasi di dalam percakapan sehari-hari.
“Yuk, tanya-tanya aja soal layanan ini. Aku bantu jawab ya!”
Professional and Formal
Gaya komunikasi resmi dan formal, seperti dalam percakapan bisnis dan pekerjaan.
“Kami siap menjawab pertanyaan Anda mengenai layanan ini.”
Instructive and Direct
Menjelaskan informasi dengan membimbing pelanggan dan tanpa basa-basi.
“Tanyakan layanan yang ingin Anda ketahui. Saya akan menjawabnya sekarang.”
Empathy and Friendly
Berkomunikasi dengan bersahabat dan penuh empati terhadap kebutuhan pelanggan.
“Kami akan selalu menjawab semua pertanyaan Anda tentang layanan yang ingin Anda ketahui😊”
Playful and Fun
Berinteraksi dengan candaan.
"Punya pertanyaan soal layanan ini? Aku siap bantu kamu kapan aja 🎉”
Limitation
Variabel dalam bagian Limitation mengatur seberapa banyak input hingga output yang dapat dikelola oleh chatbot AI dalam menjawab setiap pesan.
Response Token Limit
Batas penggunaan token AI Plus untuk menghasilkan satu respon. Batas penggunaan yang dimasukkan harus lebih dari 256 token.
256
Knowledge Base Limit
Batas sumber informasi dalam Knowledge Base terpilih yang digunakan AI untuk menghasilkan setiap respon.
1 Source
AI Conversation Memory
Jumlah pesan terakhir dalam percakapan yang akan dianalisis dan dijadikan acuan oleh AI untuk menghasilkan respon berikutnya. Banyaknya pesan yang dianalisis akan mempengaruhi penggunaan Conversation Token.
3 Messages
Instruction Prompt
Variabel dalam Instruction Prompt merupakan perintah tambahan untuk chatbot AI Anda dalam kondisi tertentu.
Additional Instruction
Instruksi tambahan untuk mengatur respon AI dalam situasi tertentu.
Jika pelanggan menyampaikan keluhan, sampaikan permintaan maaf sebelum membantu menyelesaikan masalah.
Jangan menjawab pertanyaan terkait biaya layanan.
Agent Handover Condition
Kata kunci untuk mengalihkan percakapan ke agen manusia.
Ingin berbicara dengan CS
Setiap prompt yang ditambahkan pada Additional Instruction, Agent Handover Conditon, dan Topic Prompt akan memengaruhi jumlah token yang digunakan dalam percakapan dengan AI Plus. Estimated Token per Prompt menampilkan perkiraan penggunaan token dari setiap prompt. Namun, penggunaan token aktual dapat berbeda tergantung dari konteks dan respon pengguna dalam percakapan dengan AI Plus.
Selain itu, Anda dapat menggunakan bantuan AI untuk memperbaiki prompt yang telah dimasukkan dengan mengklik Optimize Prompt. Melalui fitur ini, prompt yang dihasilkan akan lebih efisien, baik secara kalimat maupun token yang akan digunakan.

Setelah prompt Anda diperbaiki, klik Use This Suggestion untuk menggunakan prompt yang telah diperbaiki oleh AI atau klik Discard untuk membatalkan.
Jika prompt yang diberikan belum sesuai yang Anda harapkan, klik Generate New Suggestion untuk mendapatkan prompt lain yang sudah diperbaiki.
Setiap memperbaiki prompt, estimasi token yang digunakan pun akan diperbarui.
Penggunaan fitur Optimize Prompt untuk memperbaiki prompt dalam AI Persona tidak akan mengurangi token AI+ yang Anda miliki.

Klik Save Changes untuk menyimpan gaya komunikasi chatbot pada tab General.
Mengatur Topik yang Ditangani Chatbot AI
Selanjutnya, masuk ke tab Topic untuk menambahkan prompt atau instruksi terkait pembahasan tertentu yang diberikan oleh pelanggan.
Penambahan topik ditujukan untuk mengelompokkan percakapan user dengan AI ke beberapa topik tertentu yang telah ditambahkan. Melalui penambahan topik, Anda dapat mengetahui topik yang banyak didiskusikan oleh pelanggan pada menu Report.
Klik Create Topic untuk menambahkan topik dan prompt.

Masukkan topik yang ingin dilacak dalam percakapan AI Plus pada Topic Name. Kemudian, tambahkan deskripsi untuk membantu chatbot mengelompokkan topik tersebut pada bagian Prompt.

Lihat estimasi token yang akan digunakan pada bagian Estimated Token per Prompt. Hasil riil penggunaan token bisa jadi berbeda tergantung panjang percakapan dan respon yang dihasilkan AI Plus.
Anda dapat menggunakan bantuan AI untuk memperbaiki prompt yang telah dimasukkan dengan mengklik Optimize Prompt.

Setelah prompt Anda diperbaiki, klik Use This Suggestion untuk menggunakan prompt yang telah diperbaiki oleh AI atau klik Discard untuk membatalkan.
Jika prompt yang diberikan belum sesuai yang Anda harapkan, klik Generate New Suggestion untuk mendapatkan prompt lain yang sudah diperbaiki.
Setiap memperbaiki prompt, estimasi token yang digunakan pun akan diperbarui.
Penggunaan fitur Optimize Prompt untuk memperbaiki prompt dalam AI Persona tidak akan mengurangi token AI+ yang Anda miliki.

Klik Add Topic untuk menyimpan topik.

Menambahkan topik juga dapat mempermudah Anda untuk melacak berapa kali topik tersebut ditanyakan dalam percakapan chatbot AI dengan seluruh pelanggan. Pelajari Pemantauan Topik pada halaman AI Plus Report.
Last updated