Only this pageAll pages
Powered by GitBook
1 of 36

🇮🇩 Bahasa Indonesia

Loading...

OCA Blast Lite Guide

Loading...

Loading...

Loading...

Loading...

Loading...

Loading...

Loading...

Loading...

Loading...

Loading...

Loading...

Loading...

Loading...

Loading...

Loading...

Loading...

Loading...

Loading...

Loading...

Loading...

Loading...

Loading...

Loading...

Loading...

Loading...

Loading...

Loading...

Loading...

Loading...

Loading...

Loading...

Loading...

Release Notes

Loading...

Melihat Penggunaan SMS Broadcast

Laman SMS Usage pada OCA Blast Lite akan menampilkan jumlah dari masing-masing status pesan blast Anda (Delivered, Sent, Failed, dan In Queue). Anda dapat mengunduh laporan terkait penggunan SMS Broadcast dengan mengklik tombol Export pada kanan atas halaman.

Contact Group

Untuk dapat melakukan broadcast pada SMS, Email dan WhatsApp, Anda harus terlebih dahulu memiliki grup kontak berisikan daftar pelanggan Anda untuk campaign yang akan Anda jalankan.

Label Basic Plan pada bagian atas laman Contact Group menandakan bahwa Anda tidak berlangganan fitur Contact Group dan Anda diberikan akses untuk membuat satu grup kontak untuk tetap dapat melakukan broadcast.

Jangan khawatir, untuk dapat membuat dan mengakses grup kontak tanpa batas, Anda dapat berlangganan fitur Contact Group. Masuk ke laman OCA Shop pada Home Dashboard untuk mulai berlangganan atau hubungi Account Manager OCA, jika Anda adalah pelanggan IndiBiz.

Laman SMS Usage untuk memantau penggunaan SMS Broadcast.

Broadcast

Broadcast merupakan salah satu fitur yang tersedia di Dashboard Blast Lite. Fitur Broadcast ini berfungsi untuk membantu Anda dalam melakukan Broadcast dalam bentuk SMS, Email, dan juga WhatsApp.

SMS BroadcastWhatsApp BroadcastEmail Broadcast

SMS Broadcast

Untuk dapat mengirimkan broadcast melalui SMS, Anda diharuskan untuk membuat pesan template terlebih dahulu pada submenu Template Message yang terdapat pada menu SMS.

Menu SMS pada sidebar menu.

Mengelola Pesan Template SMS

Pada laman Template Message, Anda akan menemukan informasi terkait status berlangganan akun (Basic Plan/Subscribe Plan) Anda pada label di bagian atas halaman dan sisa kuota pesan template Anda.

Anda akan memulai fitur Template dengan Basic Plan. Anda memiliki lima kuota pesan template pada SMS Broadcast dan kuota akan berkurang ketika mengajukan template. Lima template pertama yang dibuat dan telah disetujui oleh OCA Indonesia akan menjadi default dari pesan template Anda. Kuota template akan bertambah jika template yang diajukan tidak disetujui (Rejected).

Untuk mendapatkan lebih banyak kuota template hingga 50 template per bulan, Anda dapat berlangganan fitur Template melalui OCA Shop pada Home Dashboard milik Administrator bagi pelanggan Online - Prepaid atau menghubungi Account Manager OCA bagi pelanggan IndiBiz.

Dashboard

Untuk memulai aktivitas Anda dalam menggunakan Blast Lite, Anda dapat masuk ke Blast Lite Dashboard dengan mengklik Go To Blast pada laman OCA Home Dashboard.

Anda akan menemukan banner promosi yang memberikan penawaran layanan Blast Lite terkini pada bagian atas halaman. Namun, banner ini hanya muncul pada tipe akun Online - Prepaid.

Pada laman Blast Lite Dashboard, Anda dapat mengetahui sisa kuota yang Anda miliki dari masing-masing channel SMS, Email, WhatsApp Marketing, dan WhatsApp Utility pada bagian Remaining Quota. Sisa kuota yang ditampilkan merupakan jumlah akumulatif dari kuota yang dapat digunakan oleh seluruh akun, baik parent account ataupun member account.

Persentase keberhasilan dari broadcast yang telah Anda lakukan dapat Anda lihat pada bagian Success Rate.

WhatsApp Broadcast

Sebelum mulai mengirimkan WhatsApp Broadcast, Anda perlu membuat template pesan WhatsApp melalui submenu Template pada menu WhatsApp Broadcast.

Menghapus Contact Group

Jika Anda ingin menghapus grup kontak yang Anda miliki, klik icon pada sisi kanan baris grup kontak yang ingin Anda hapus. Kemudian, klik Delete.

Saat Anda menghapus salah satu grup kontak default, Anda akan diminta untuk langsung membuat grup kontak baru sebagai pengganti dari grup kontak default yang akan dihapus. Tetapi, jika Anda berlangganan fitur Contact Group, Anda dapat langsung memilih grup kontak lainnya sebagai pengganti grup kontak yang dihapus.

Selanjutnya, Anda tidak dapat mengembalikan atau mengakses kembali grup kontak yang telah Anda hapus.

Jika sebelumnya Anda berlangganan fitur Contact Group dan memiliki lebih dari 1 grup kontak, tetapi memutuskan untuk berhenti berlangganan di bulan berikutnya, Anda hanya dapat mengakses grup kontak default. Grup kontak nondefault tidak terhapus dan tidak dapat digunakan, tapi Anda masih dapat memiliki akses untuk melihat daftar kontak di dalamnya.

Membuat Pesan Template

Pada laman Template Message, Anda dapat mengklik tombol Create Template untuk membuat pesan template baru yang akan Anda gunakan pada SMS Broadcast.

Anda akan diarahkan ke laman Create Template untuk membuat pesan template. Beri nama template pada kolom Template Name dan masukkan nama perusahaan Anda pada kolom Sender Name. Masukkan teks untuk pesan template pada kolom Body dan Anda juga dapat menggunakan fitur Add Variable untuk mempersonalisasi pesan bagi pelanggan Anda. Pesan template yang sedang Anda buat akan muncul di kolom Preview.

Klik Submit jika semua informasi dari pesan template telah terisi.

Pastikan Anda telah memeriksa pesan template telah sesuai dengan Syarat & Ketentuan dari layanan SMS Broadcast milik OCA Indonesia. Jika sudah, selanjutnya Anda bisa langsung menekan tombol Yes, Submit.

OCA Indonesia akan meninjau pesan template yang telah Anda ajukan. Pesan template dapat Anda gunakan setelah OCA Indonesia melakukan validasi dan verifikasi terhadap template tersebut.

Anda dapat mencari template yang telah Anda buat melalui filter Date Picker, filter Status, dan search bar.

Menghapus Pesan Template

Untuk menghapus pesan template, klik icon yang ada pada sisi kanan dari baris pesan template yang ingin Anda hapus dan klik Delete.

Jika status berlangganan Anda adalah Subscribe Plan dan Anda menghapus salah satu pesan template default, Anda akan diminta untuk memilih pesan template lain sebagai pengganti template default tersebut. Sementara, jika status berlangganan Anda adalah Basic Plan dan Anda akan menghapus dari pesan template default, Anda diharuskan untuk langsung membuat pesan template pengganti ketika Anda menghapus template tersebut.

Template yang telah berhasil Anda hapus tidak dapat Anda akses atau gunakan kembali.

Informasi status berlangganan akun dan sisa kuota pesan template SMS.
Anda pun dapat mengetahui keberhasilan campaign Anda pada rentang waktu tertentu dengan memilih periode waktu melalui Date Picker di bagian kanan atas pada bagian Success Rate.

Pada bagian Recent Broadcast Activites, Anda dapat mengetahui seluruh aktivitas yang dilakukan oleh semua akun (member account dan parent account) terhadap berbagai fitur dari Blast Lite.

Untuk mengetahui informasi mengenai akun yang Anda gunakan, Anda dapat mengklik profil akun pada bagian kanan atas halaman. Selain informasi nama dan alamat email yang digunakan, Anda juga dapat mengetahui status akun perusahaan (Active/Inactive), jenis akun perusahaan (Pre-Paid/IndiBiz), dan masa berakhir berlangganan.

Jika Anda memerlukan bantuan atau memiliki pertanyaan terkait akun atau fitur Blast Lite, klik Support dan Anda akan diarahkan ke Customer Service OCA pada platform WhatsApp.

Untuk mengakhiri aktivitas di Blast Lite dan keluar (log out) dari akun, Anda dapat mengklik Back to Home untuk kembali ke Home Dashboard.

Klik foto profil pada bagian kanan atas di laman Home Dashboard dan klik Log Out untuk keluar dari akun Anda.

Button Go To Blast pada Home Dashboard.
Informasi kuota tersisa pada Blast Lite Dashboard.
Informasi Success Rate pada Blast Lite Dashboard.
Submenu Template pada menu WhatsApp.
Tombol Create Template pada laman Template Message pada menu SMS.
Membuat pesan template SMS pada laman Create Template.
Konfirmasi pesan template sebelum diajukan ke OCA Indonesia.
Menghapus salah satu pesan template SMS.
Memilih periode waktu dari Success Rate pada Blast Lite Dashboard.
Informasi aktivitas terakhir seluruh akun pada Blast Lite Dashboard.
Informasi terkait akun pengguna pada Home Dashboard.
Button Support pada Home Dashboard.
Tombol Back to Home untuk kembali ke Home Dashboard.
Tombol Log Out untuk keluar dari akun pada Home Dashboard.

Membuat Contact Group

Anda dapat memulai membuat grup kontak dengan mengklik tombol Create Contact Group di kanan atas laman Contact Group.

Untuk memasukkan daftar kontak ke dalam kontak grup, Anda dapat melakukannya melalui 3 cara, yaitu:

  1. Membuat Grup Kontak dengan Dokumen .CSV atau .TXT Pilih Upload .CSV or .TXT untuk unggah dokumen berisikan daftar kontak dari pelanggan Anda. Anda juga dapat mengunduh contoh format dokumen yang perlu diunggah.

    Membuat grup kontak menggunakan dokumen .csv atau .txt.

    Berikut adalah contoh file daftar kontak dengan menggunakan format file .csv. Terdapat tiga variabel pada dokumen, diantaranya adalah nomor telepon, nama, dan nomor ID pelanggan, yang ketiganya dipisahkan dengan simbol semicolon ";".

  2. Membuat Grup Kontak Secara Manual Pilih Add Contact Manually dan masukkan informasi dari daftar pelanggan Anda yang terdiri dari nama dan nomor telepon.

  3. Membuat Grup Kontak dengan Menyalin dari Spreadsheets Pilih Copy and Paste. Pada text field di bagian bawah halaman, tempelkan data kontak dari spreadsheets atau dokumen Excel yang telah Anda salin sebelumnya. Anda dapat menambahkan maksimal 200 daftar kontak dengan cara ini.

Jika Anda telah berhasil memasukkan daftar kontak pelanggan dengan salah satu cara yang Anda pilih, klik Next: Preview Contacts.

Anda dapat memilih untuk menyimpan daftar kontak sebagai kontak grup baru atau menambahkannya ke grup kontak yang telah Anda buat sebelumnya.

Klik Complete Add Contacts untuk menyelesaikan pembuatan grup kontak Anda dan tunggu sampai proses pembuatan grup kontak Anda selesai sebelum kembali ke laman Contact Group.

Untuk melihat daftar kontak dari grup kontak yang telah Anda buat, klik ikon di bagian kanan pada baris grup kontak, dan pilih View Contact List.

Grup kontak yang berhasil Anda buat pertama kali akan otomatis menjadi default dari grup kontak Anda dan tombol Create Contact Group akan berubah menjadi nonaktif. Tombol akan aktif kembali jika Anda berlangganan fitur Contact Group.

Menambahkan Data Email Pelanggan

Pilih grup kontak yang ingin diedit dan klik View Contact List.

Pada salah satu kontak, klik Edit.

Pada jendela Contact Details, klik Add Additional Field dan pilih Email.

Masukkan alamat email pada kotak teks di sebelah pilihan dan klik Save Contact.

Melihat Penggunaan WhatsApp Broadcast

Anda dapat mengetahui jumlah dari tiap status pada broadcast WhatsApp Anda yang terbagi menjadi Delivered, Read, Submitted, Rejected, dan Failed pada submenu WhatsApp Usage. Jumlah penggunaan WhatsApp Broadcast pada periode tertentu dapat Anda ketahui dengan memilih rentang waktu pada kolom Date Picker.

Unduh laporan penggunaan WhatsApp Broadcast dengan mengklik tombol Export pada bagian kanan atas halaman.

Broadcast Gagal Terkirim

Anda dapat melihat setiap status dari seluruh pesan broadcast yang telah dikirimkan ke masing-masing pelanggan melalui halaman Broadcast Report dari tiap channel, mulai dari pesan dengan status diproses hingga terkirim ataupun gagal dikirim.

Untuk pesan dengan status Failed atau gagal terkirim, arahkan kursor ke ikon informasi di sebelah statu untuk melihat alasan gagal pengiriman pesan.

Detail dari kegagalan pengiriman dapat dilihat dengan mengunduh keseluruhan laporan broadcast dengan menglik Download Report by Filter.

Membuat WhatsApp Broadcast

Sebelum melakukan WhatsApp Broadcast, pastikan Anda telah membuat grup kontak sebagai penerima pesan broadcast Anda. Anda juga perlu membuat dan mengajukan pesan template WhatsApp untuk dapat ditinjau terlebih dahulu oleh OCA Indonesia dan WhatsApp Business.

Untuk mulai membuat broadcast WhatsApp, klik tombol Create Campaign pada kanan atas laman Broadcast.

Masukkan nama broadcast pada kolom Campaign Name dan pilih daftar pelanggan yang akan menerima pesan broadcast pada kolom Contact Group.

Klik kolom Message Type dan pilih Template Messages untuk selanjutnya Anda dapat memilih pesan template yang akan Anda gunakan pada kolom Template Name.

Klik Create Campaign

Membuat SMS Broadcast Scheduler

Pada OCA Blast Lite, fitur Broadcast Scheduler SMS akan terkunci secara default dan tidak dapat Anda gunakan sebelum Anda berlangganan fitur ini setiap bulannya. Pelanggan Online - Prepaid dapat berlangganan dengan mengklik Subscribe Scheduler untuk kemudian diarahkan ke OCA Shop melalui akses parent account (akun Administrator). Sementara, untuk pelanggan bundling IndiBiz dapat menghubungi Account Manager untuk mulai berlangganan.

Broadcast Scheduler dapat Anda gunakan ketika ingin mengirim broadcast yang terjadwal pada waktu-waktu tertentu. Fitur ini akan membantu Anda jika broadcast yang disebarkan bersifat berulang, baik harian, mingguan, ataupun tahunan.

Untuk Anda yang telah berlangganan fitur Broadcast Scheduler, Anda akan menemukan label Subscribe Plan dan dapat mulai menggunakan fitur ini dengan mengklik tombol Add SMS Broadcast Scheduler di bagian kanan atas halaman.

Masukkan nama broadcast SMS pada kolom Broadcast Name. Pilih salah satu grup kontak Anda pada kolom

Melihat Laporan dari Performa WhatsApp Broadcast

Untuk meninjau dan mempelajari lebih dalam terkait hasil campaign Anda melalui WhatsApp Broadcast, Anda dapat berlanggan fitur Generate Report pada dengan mengklik tombol Upgrade Report Access pada laman Generate Report.

Nantinya, Anda dapat mendapatkan visualisasi untuk laporan yang berisikan jumlah session yang berhasil dibuat.

Menambahkan Gambar atau Video di WhatsApp Broadcast

Jika Anda ingin menyematkan foto, video, ataupun dokumen tertentu pada broadcast yang Anda kirimkan, pastikan Anda membuat dan menggunakan template dengan tipe Media pada awalan pesan (Header) saat membuat broadcast.

Setelah memilih template pada kolom Template Name, klik tombol Select Media pada kolom Media Link.

Pilih tab Browse Files untuk mengunggah file yang akan Anda gunakan pada pesan broadcast secara manual dari perangkat Anda.

Untuk memilih file yang telah Anda unggah pada File Management, klik tab Choose Files.

User Activity History

Laman User Activity History akan menampilkan data terkait aktivitas yang dilakukan setiap anggota tim terhadap pengaturan item pada Dashboard Blast.

Data aktivitas tersebut menampilkan waktu aktivitas, anggota tim yang melakukan perubahan, item yang diubah, detail perubahan, serta channel yang dilakukan perubahan.

Anda dapat melakukan penyaringan data berdasarkan waktu dengan menggunakan date picker ataupun berdasarkan nama anggota tim dan channel komunikasi menggunakan filter.

Untuk mengunduh data aktivitas tersebut, baik yang belum maupun telah Anda sortir, klik Export Activity History dan data tersebut akan otomatis tersimpan pada perangkat Anda.

Email Broadcast

Dalam menu Email, Anda dapat membuat template, membuat broadcast email, dan melihat jumlah penggunaan email. Untuk membuat broadcast email yang baru, Anda perlu membuat template terlebih dahulu.

setelah semua informasi terkait
broadcast
telah terisi dan Anda dapat meninjau pesan
broadcast
yang akan Anda kirim.

Klik Start Broadcast untuk memulai broadcast.

Contact
dan pilih pesan template yang akan digunakan pada kolom
Template
. Kolom
Message
akan otomatis terisi dengan pesan dari
template
yang Anda pilih dan Anda tidak dapat menyunting pesan pada kolom Message.

Pada bagian Schedule, pilih waktu broadcast pada kolom Select Date dan atur waktu berakhirnya pengoperasian broadcast pada kolom Set Daily Max Operation Time. Kemudian, klik tombol Add Time untuk mengatur waktu mulai dari running call.

Untuk mengatur jadwal campaign dengan satu range waktu iterasi dalam satu hari, Anda dapat memilih waktu henti campaign pada Daily Max Operation Time di kolom Select Ended Time Type.

Jika dalam satu hari terdapat beberapa kali watu iterasi yang berbeda-beda, Anda dapat memilih Specific Time untuk melakukan penjadwalan broadcast.

Untuk melakukan broadcast berulang, aktifkan tombol Repeat dan atur frekuensi pengulangan serta tanggal berakhirnya pengulangan broadcast. Anda dapat mengatur skenario untuk pengulangan broadcast, misalnya pengulangan hanya dilakukan ketika status broadcast adalah Failed.

Klik Start Broadcast pada kanan atas halaman setelah Anda berhasil mengatur waktu iterasi untuk penjadwalan broadcast. Pop-up window akan muncul untuk Anda dapat meninjau kembali broadcast yang akan Anda jadwalkan.

Klik Start Broadcast untuk mulai menjadwalkan proses running broadcast.

Variabel pada WhatsApp Session

Conversation: Total dari banyaknya statistik Business Initiated dan Customer Initiated.

Business Initiated: Perhitungan dari seberapa banyak trigger session dari push notification.

Customer Initiated: Perhitungan dari seberapa banyak trigger session oleh customer.

Untuk mengetahui laporan pada rentang waktu tertentu, klik kolom filter dan pilih periode waktu yang Anda butuhkan: Custom Range, Today, Yesterday, Last 7 Days, Last 30 Days, dan Last Year.

Klik tombol Export untuk mengunduh laporan WhatsApp Session yang Anda butuhkan dalam format .xlsx.

Visualisasi Laporan WhatsApp Session
Setelah memilih file yang akan Anda sematkan pada pesan broadcast, klik Upload Files.
Memilih file yang akan diupload

Beri nama dari file yang telah Anda unggah pada kolom Media File Name.

Kolom Media File Name untuk memberi nama file yang telah diunggah.
Mengunggah file melalui kolom Media Link.
Drag & Drop untuk mengunggah file.
Memilih file yang sudah diunggah di FIle Management
Memasukkan kontak secara manual.
Memasukkan daftar kontak dengan menyalin dari dokumen spreadsheets.

Membuat WhatsApp Broadcast Scheduler

Sama halnya dengan fitur SMS Broadcast Scheduler, fitur Broadcast Scheduler baru dapat Anda gunakan setelah Anda mulai berlangganan melalui OCA Shop, atau melalui Account Manager OCA bagi pelanggan IndiBiz.

Fitur Broadcast Scheduler dapat membantu Anda melakukan broadcast rutin yang perlu Anda kirimkan secara harian, mingguan, bulanan, bahkan tahunan atau perlu Anda kirim pada waktu tertentu.

Untuk mulai membuat broadcast scheduler, klik Add WhatsApp Broadcast pada laman Broadcast Scheduler di menu WhatsApp

Anda akan masuk ke laman Add WhatsApp Broadcast dan Anda dapat memasukkan detail terkait broadcast. Masukkan nama broadcast pada kolom Campaign Name. Pada kolom Contact Group, pilih grup kontak yang akan Anda kirimkan pesan melalui broadcast tersebut.

Pilih Template Messages pada kolom Message Type. Kolom Message akan otomatis terisi dengan pesan yang telah Anda buat dari pesan template WhatsApp yang Anda pilih pada kolom Template Name.

Pada bagian Schedule Settings, pilih waktu broadcast pada kolom Select Date dan atur waktu akhir pengoperasian broadcast pada kolom Set Daily Max Operation Time.

Kemudian, pilih tombol Add Time untuk mengatur waktu mulainya running call.

Untuk mengatur jadwal campaign dengan satu range waktu iterasi dalam satu hari, Anda dapat memilih waktu henti campaign pada Daily Max Operation Time di kolom Select Ended Time Type.

Jika dalam satu hari terdapat beberapa kali watu iterasi yang berbeda-beda, Anda dapat memilih Specific Time untuk melakukan penjadwalan broadcast.

Anda dapat mengatur broadcast secara berulang dengan mengklik tombol Repeat hingga berubah menjadi Yes. Terdapat beberapa pilihan broadcast berulang, diantaranya adalah: Daily, Weekly, Monthly, Yearly, atau Specific Time untuk waktu yang dapat Anda tentukan sendiri. Broadcast yang diulang juga bisa diatur berdasarkan status dari setiap pesan, misalnya pengulangan hanya dilakukan ketika status broadcast gagal terkirim (Failed).

Klik Start Broadcast pada kanan bawah halaman ketika Anda sudah mengisi seluruh informasi terkait broadcast Anda. Anda dapat meninjau kembali pesan broadcast yang akan Anda kirimkan pada pop-up window yang muncul.

Klik Start Broadcast untuk mulai menjadwalkan proses running broadcast.

Mengunggah File ke File Management

Klik Upload Files pada bagian kanan bawah halaman untuk mulai memilih file yang akan Anda masukkan ke sistem kami.

File yang Anda unggah memiliki maksimal besaran file sesuai dengan jenis file. Informasi maksimal besaran file akan muncul setelah Anda mengklik Upload Files.

Klik Browse File untuk mencari file yang akan Anda unggah. File akan gagal terunggah jika file memiliki ukuran lebih besar dari ukuran maksimal file yang diizinkan.

Jika file yang Anda unggah memiliki ukuran lebih besar dari kapasitas yang tersisa pada File Management Anda, Anda harus menghapus sebagian file yang Anda simpan di File Management. Anda dapat mengunggah lebih dari satu file selama kapasitas File Management Anda masih mencukupi.

File akan muncul di laman File Management ketika proses mengunggah selesai.

Kolom Upload File akan nonaktif ketika Anda telah menggunakan seluruh kapasitas File Management yang Anda miliki.

Anda dapat memeriksa kembali file yang telah diunggah dengan mengklik file untuk melihat deskripsi file tersebut. Informasi yang muncul diantaranya adalah tanggal diunggah, ukuran file, dan lokasi file tersebut. Anda juga akan mendapatkan URL file yang dapat digunakan untuk kebutuhan broadcast.

Apabila Anda berlangganan fitur File Management dan memilih untuk berhenti berlangganan pada bulan berikutnya, Anda tidak perlu khawatir akan kehilangan file Anda. File Anda tetap akan tersimpan pada ruang penyimpanan kami, tetapi Anda tidak memiliki akses terhadap beberapa file Anda. Selain itu, Anda juga tidak dapat mengunggah file lainnya sampai kapasitas File Management Anda kurang dari 50 MB.

Melihat Status Pengiriman Email Broadcast

Untuk mengetahui status dari setiap email broadcast yang telah terkirim, masuk ke laman Delivery Tracking pada menu Email.

Keterangan dari status pengiriman yang ditampilkan pada halaman ini, diataranya adalah:

  • Total Email: Telah dikirimkan ke pelanggan.

  • Delivered: Telah terkirim dan diterima oleh pelanggan.

  • Opened: Email telah dibuka atau dibaca.

  • Clicked: Pelanggan mengklik salah satu tombol ataupun tautan yang ada di dalam email.

  • Unsubscribe: Pelanggan berhenti berlanggan pada email yang Anda kirimkan.

  • Failed by System: Kegagalan pengirim email yang disebabkan oleh kesalahan sistem atau invalid contact yang digunakan.

  • Failed by Mail Server: Kegagalan pengiriman email dikarenakan alamat email tidak ditemukan.

Anda dapat memantau status pengiriman email dalam periode tertentu dengan cara memilih tanggal yang diinginkan dengan mengklik ikon kalender. Pilih periode waktu yang diinginkan dan klik tombol Apply.

Klik tombol Search dan diagram akan menampilkan data sesuai dengan tanggal yang Anda pilih.

Untuk mengunduh data yang ditampilkan, klik tombol Export.

Membuat Email Broadcast

Sebelum melakukan Email Broadcast, pastikan Anda telah membuat grup kontak yang akan Anda kirimkan broadcast dan Menambahkan Data Email Pelanggan pada kontak grup kontak tersebut.

Mulai Membuat Email Broadcast

Jika anggota kontak grup telah memiliki informasi lengkap, maka Anda dapat memulai untuk membuat email broadcast dengan mengklik Create New Broadcast pada laman Broadcast.

Pada laman New Email Broadcast, masukkan nama broadcast pada bagian Broadcast Name dan pilih template email yang akan digunakan pada Template.

Informasi pengirim email broadcast pada Sender Email dan Sender Name akan terisi secara otomatis, di mana informasi Sender Email akan diatur oleh tim Admin OCA Indonesia.

Sementara itu, data Sender Name akan muncul setelah Anda memilih template, menyesuaikan dengan informasi nama pengirim yang telah dibuat sebelumnya pada template terpilih.

Masukkan judul email pada Email Subject dan pilih grup kontak yang akan menerima email pada Recipient.

Anda juga dapat menambahkan dokumen atau media dalam email broadcast dengan mengklik Attach File.

Klik tab Browse File, jika ingin mengunggah dokumen Anda atau klik tab Choose File untuk memilih dokumen dari File Management.

Jika semua informasi terkait email broadcast telah terisi, klik Start Broadcast pada bagian kanan bawah halaman dan klik Start pada jendela konfirmasi yang muncul untuk mulai mengirimkan pesan email broadcast Anda.

File Management

Dalam File Management, Anda bisa mengunggah berbagai file yang Anda butuhkan dalam broadcast, mulai dari gambar, video, audio, maupun dokumen, ke dalam sistem penyimpanan yang kami sediakan. Saat ini, kami membatasi ruang penyimpanan yang bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan Anda.

Anda akan mendapatkan ruang penyimpanan sebesar 50 MB pada File Management. Jika Anda membutuhkan lebih banyak ruang penyimpanan, Anda dapat berlangganan fitur File Management untuk mendapatkan ruang penyimpanan hingga 500 MB setiap bulannya.

Status berlangganan akun Anda dapat diketahui dari label yang Anda pada bagian atas halaman.

Mengunggah File ke File ManagementMembuat Folder dan Mengunggah File ke Dalam Folder BaruMemindahkan File ke Folder

Membuat Folder dan Mengunggah File ke Dalam Folder Baru

File yang Anda unggah dapat dikelompokkan ke dalam beberapa folder sesuai dengan kebutuhan Anda. Buat folder baru dengan mengklik tombol New Folder dan berikan nama folder.

Anda dapat langsung menambahkan file ke folder yang telah dibuat dengan masuk ke folder yang Anda tuju dan klik Upload File.

Mengunggah file ke dalam folder.

Memindahkan File ke Folder

Untuk memindahkan file yang telah diunggah ke dalam folder tertentu, Anda dapat memilih beberapa file secara bersamaan dengan mengklik box di sebelah kiri file. Lalu, klik Move to Folder.

Memilih file yang akan dipindahkan ke dalam folder.

Pilih folder yang dituju dan klik Move Here.

Memilih folder yang dituju.

Tunggu sampai proses pemindahan selesai untuk dapat mengakses file di folder yang Anda tuju.

Mengelola Pesan Template WhatsApp

Pada laman WhatsApp Template, Anda dapat menemukan informasi terkait status berlangganan akun, sisa kuota pesan template, dan informasi lainnya dari pesan template WhatsApp yang pernah Anda buat. Anda juga dapat mencari template melalui filter Date Picker, Status, dan melalui search bar.

Laman WhatsApp Template.

Anda diberikan lima kuota pesan template WhatsApp secara default pada WhatsApp Broadcast. Tetapi, Anda dapat memiliki kuota template hingga 50 template per bulan jika Anda berlangganan fitur Template melalui OCA Shop atau melalui Account Manager OCA bagi pelanggan IndiBiz.

Kuota template Anda akan berkurang mulai dari saat Anda mengajukan template dan akan kembali bertambah jika template yang diajukan tidak disetujui (Rejected). Lima template pertama yang Anda buat dan disetujui oleh OCA Indonesia akan otomatis menjadi default pesan template WhatsApp Anda.

Membuat Pesan Template WhatsApp

Jika Anda pertama kali menggunakan WhatsApp Broadcast, laman ini akan kosong. Anda dapat membuat WhatsApp Template dengan cara mengklik Create Template.

Mulai buat pesan dengan masukkan nama template pada kolom Template Name. Pilih bahasa dari template Anda pada kolom Language dan pilih jenis informasi dari pesan yang akan Anda gunakan nantinya. Pilih jenis pesan Marketing untuk pesan template yang berisi penawaran dan informasi dari produk atau jasa Anda dan pilih Utility untuk pesan template terkait pesanan atau akun pelanggan Anda.

Anda dapat memilih tiga jenis awalan pesan pada kolom Header, yang diantaranya adalah None, Media, dan Text.

Pesan yang Anda kirim tidak memiliki header (judul pesan) jika Anda memilih None.

Untuk mengirimkan gambar, video, ataupun dokumen pada pesan broadcast, pilih Media.

Sementara, pada jenis pesan Text, Anda dapat mengirim pesan dengan maksimal 60 karakter pada judul pesan.

Selanjutnya, masukkan isi dari pesan template pada kolom Body. Gunakan fitur Add Variable untuk membuat pesan Anda lebih personal.

Masukkan teks pada kolom Footer untuk menambahkan penutup pada pesan Anda dengan maksimal 60 karakter.

Anda pun dapat menambahkan hingga dua buah tombol untuk fitur Quick Reply dan Call To Action bagi pelanggan Anda.

Pesan yang nantinya Anda gunakan akan muncul di kolom Preview pada sebelah kanan laman Create Template.

Klik tombol Submit jika semua kolom pesan template WhatsApp sudah terisi.

Anda akan menerima pop-up window untuk memastikan template yang Anda buat sudah sesuai dengan Syarat & Ketentuan milik OCA Indonesia. Klik tombol Yes, Submit jika sudah sesuai.

Pesan template WhatsApp yang telah Anda buat dan ajukan akan ditinjau oleh OCA Indonesia. Template tersebut dapat digunakan setelah selesai diverifikasi dan disetujui oleh OCA Indonesia.

Menghapus Pesan Template WhatsApp

Untuk menghapus pesan template WhatsApp, klik icon yang ada pada sisi kanan dari baris pesan template yang ingin Anda hapus dan klik Delete.

Pelanggan dengan status berlangganan Basic Plan diharuskan untuk membuat pesan template pengganti saat menghapus pesan template default. Dan bagi pelanggan yang berlangganan fitur WhatsApp Template, Anda diharuskan memilihkan pesan template WhatsApp lainnya (jika ada) bila Anda menghapus salah satu default pesan template WhatsApp.

Template WhatsApp yang telah berhasil Anda hapus tidak dapat Anda akses atau gunakan kembali.

Mengelola Pesan Template Email

Sebelum mulai mengirimkan email ke pelanggan, Anda diharuskan membuat template email berisikan konten dan media pada email broadcast terlebih dahulu melalui submenu Template pada menu Email.

Membuat template dapat mempermudah Anda dalam mengirimkan email broadcast dengan isi pesan yang sama secara berulang.

Klik Create New Template untuk mulai membuat pesan email.

Pada halaman pembuatan template, masukkan nama template pada bagian Template Name dan nama pengirim email pada bagian Sender Name.

Setiap template email yang Anda buat akan selalu terhubung dengan nama pengirim email yang Anda tambahkan di template tersebut.

Menambahkan Komponen dalam Template

Untuk mulai menambahkan elemen pesan ke dalam template, klik tab Components. Tarik dan geser salah satu component ke dalam template di sebelah kanan halaman untuk menggunakan elemen tersebut pada template Anda.

Adapun fungsi dari tiap component yang tersedia adalah sebagai berikut:

  • Text: Menambahkan tulisan ke dalam pesan, baik berupa paragraf ataupun informasi teks dalam format dua kolom.

  • Boxed Text: Memuat tulisan dalam kotak khusus yang tidak menyatu dengan latar belakang.

Setelah menyisipkan komponen yang dibutuhkan, Anda dapat mengatur kembali urutan komponen dalam template email dengan mengklik dan menggeser elemen dalam template.

Pada komponen email yang berbentuk teks, Anda dapat menambahkan variable pada teks untuk membuat pesan lebih personal.

Variable bersifat dinamis sehingga konteks informasinya akan menyesuaikan dengan data dari tiap penerima pesan, seperti nama, jumlah tagihan, atau nomor pelanggan. Untuk menggunakan variable, Anda dapat menggunakan simbol kurung siku [ ] pada awal dan akhir jenis variable.

Mengatur Tampilan Template Email

Untuk mengubah dan menyesuaikan tampilan dari template email Anda, klik tab Settings.

Pada bagian Color Background, pilih warna yang Anda inginkan sebagai latar belakang dari pesan Anda. Sementara itu, untuk memilih latar belakang dari komponen, pilih warna yang diinginkan pada Email Background.

Anda juga dapat memilih gaya dan warna garis pembatas email Anda pada bagian Email Border.

Selain itu, pada bagian Padding Top dan Padding Bottom, masukkan besaran margin yang diinginkan untuk bagian atas dan bagian bawah pada email.

Periksa tampilan dari template email Anda pada halaman yang ditampilkan berikutnya, baik pada tampilan desktop ataupun handphone.

Klik Save as Draft untuk menyimpan template sehingga Anda dapat mengeditnya kembali. Sementara itu, jika template telah sesuai, klik Submit untuk mengirimkan template tersebut sehingga dapat ditinjau terlebih dulu tim kami sebelum dapat Anda gunakan dalam email broadcast.

Mengetahui Penyebab Email Broadcast Gagal Terkirim

Dengan mengunduh laporan broadcast, Anda dapat mengetahui penyebab email broadcast Anda gagal diterima oleh pelanggan dengan lebih spesifik.

Lihat detail alasan gagal pengiriman dari broadcast Anda pada tabel di bawah ini.

Alasan Gagal Pengiriman
Detail Alasan
Keterangan

Blocked by Recipient Actions

The action is blocked by recipients.

Pelanggan menandakan email Anda sebagai kategori suspicious atau spam.

Delivery on Delay

Delivery on Delay

Terdapat gangguan koneksi pada penyedia layanan email sehingga pengiriman email ditunda.

Menjadwalkan Email Broadcast

Pada OCA Blast Lite, Anda dapat menikmati fitur Broadcast Scheduler untuk menjadwalkan waktu pengiriman braodcast, termasuk penjadwalan broadcast pada channel SMS dan WhatsApp.

Pelajari untuk mulai menambahkan fitur tersebut ke dalam akun Anda.

Jika Anda adalah pelanggan Online - Prepaid gunakan akun parent account (akun Administrator) untuk mengakses OCA Shop dan mulai berlangganan. Sementara, untuk pelanggan bundling IndiBiz, hubungi Account Manager Anda terkait penambahan fitur.

Broadcast Scheduler dapat Anda gunakan ketika ingin mengirim broadcast yang terjadwal pada waktu-waktu tertentu. Fitur ini akan membantu Anda jika broadcast yang disebarkan bersifat berulang, baik harian, mingguan, ataupun tahunan.

Untuk Anda yang telah berlangganan fitur Broadcast Scheduler, Anda akan menemukan label Subscribe Plan dan dapat mulai menggunakan fitur ini dengan mengklik tombol Create New Broadcast di bagian kanan atas halaman.

Melihat Informasi User Activity History pada Halaman Fitur

Dengan adanya laman User Activity History, aktivitas dan perubahan item yang dilakukan setiap anggota tim juga akan ditampilkan di beberapa halaman fitur Blast. Aktivitas anggota tim Anda yang akan ditampilkan diantaranya

Dashboard

Kolom Recent Broadcast Activities pada laman muka Dashboard Blast kini akan menampilkan nama anggota tim yang melakukan aktivitas terbaru pada kolom Author.

Insufficient Quota

You do not have enough balance.

Kuota broadcast email Anda tidak mencukupi. Top up kuota broadcast WhatsApp Anda dan pastikan kuota sesuai dengan jumlah kebutuhan broadcast.

Invalid Email Address

Invalid Email Address

Alamat email pelanggan tidak valid. Periksa kembali email pelanggan yang gagal terkirim.

Need Subscription Renewal

Account Expired

Masa berlangganan Anda telah berakhir. Beli lisensi OCA Blast untuk dapat melakukan pengiriman broadcast.

Rejected by Server

Rejected by Mail Server

Terjadi gangguan pada penyedia layanan email.

System Error

Error to catch the server

Terjadi gangguan dalam sistem OCA.

System Error

Error when sending email from email gateway

Terjadi gangguan pengiriman email pada sistem OCA.

Divider: Menambahkanan garis pemisah horizontal pada badan email yang dapat digunakan sebagai pemisah elemen.

  • Image: Menyisipkan gambar ke dalam email.

  • Image Group: Menyisipkan beberapa gambar dalam satu elemen. Anda dapat mengatur gambar tersebut untuk diletakkan secara bersebelahan atau berurutan dari atas ke bawah.

  • Image Card: Menyisipkan gambar dilengkapi keterangan yang akan ditampilkan seperti sebuah kartu.

  • Image and Text: Menyisipkan gambar beserta keterangan.

  • Button: Menambahkan ombol yang dapat diklik oleh penerima email dan dapat mengarahkan ke tautan tertentu.

  • Footer: Menambahkan nformasi berupa teks yang dapat Anda gunakan untuk menutup pesan dalam email.

  • Share: Menyisipkan tautan atau akun sosial media dari bisnis Anda.

  • Social Follow: Menyisipkan akun sosial media bisnis Anda sehingga mempermudah pelanggan untuk mengikuti akun bisnis Anda.

  • Pada laman Add Email Broadcast Scheduler, masukkan nama broadcast pada bagian Broadcast Name dan pilih template email yang akan digunakan pada Choose Template.

    Informasi pengirim email broadcast pada Sender Email dan Sender Name akan terisi secara otomatis, di mana informasi Sender Email akan diatur oleh tim Admin OCA Indonesia.

    Sementara itu, data Sender Name akan muncul setelah Anda memilih template, menyesuaikan dengan informasi nama pengirim yang telah dibuat sebelumnya pada template terpilih.

    Masukkan judul email pada Subject dan pilih grup kontak yang akan menerima email pada Contacts.

    Anda juga dapat menambahkan dokumen atau media dalam email broadcast dengan mengklik Attach Files.

    Klik tab Browse File, jika ingin mengunggah dokumen Anda atau klik tab Choose File untuk memilih dokumen dari File Management.

    Pada bagian Schedule, pilih waktu broadcast pada kolom Select Date dan atur waktu berakhirnya pengoperasian broadcast pada kolom Set Daily Max Operation Time. Kemudian, klik tombol Add Time untuk mengatur waktu dimulainya pengiriman broadcast.

    Untuk mengatur jadwal broadcast dengan sekali pengiriman, Anda dapat memilih Daily Max Operation Time di kolom Select Ended Time Type.

    Jika dalam satu hari terdapat beberapa kali watu pengiriman braodcast, Anda dapat memilih Specific Time untuk melakukan penjadwalan broadcast dan menambahkan waktu broadcast selanjutnya.

    Untuk melakukan broadcast berulang, aktifkan tombol Repeat dan atur frekuensi pengulangan serta tanggal berakhirnya pengulangan broadcast. Anda dapat mengatur skenario untuk pengulangan broadcast, misalnya pengulangan hanya dilakukan ketika status broadcast adalah gagal terkirim atau Failed.

    Klik Start Broadcast pada kanan atas halaman setelah Anda berhasil mengatur waktu iterasi untuk penjadwalan broadcast. Pop-up window akan muncul untuk Anda dapat meninjau kembali broadcast yang akan Anda jadwalkan.

    Kemudian, klik Start Broadcast untuk mulai menjadwalkan email broadcast Anda.

    Cara Berlangganan Fitur Melalui OCA Shop
    Fitur Broadcast Scheduler yang belum dapat diakses sebelum berlangganan.
    Contact Group

    Anggota tim yang melakukan perubahan pada kontak di tiap Contact Group akan ditampilkan pada kolom Author.

    SMS Broadcast dan SMS Broadcast Scheduler

    Kolom Author pada laman SMS Broadcast dan SMS Broadcast Scheduler juga akan menampilkan anggota tim yang melakukan pembuatan atau pembaruan pada broadcast atau campaign tertentu.

    SMS Template

    Detail pembaruan yang dilakukan anggota tim pada template SMS yang akan digunakan dalam SMS Broadcast akan ditampilkan pada kolom Author dan Last Modified yang masing-masing menunjukkan nama anggota tim dan waktu terakhir pembaharuan template.

    WhatsApp Broadcast dan WhatsApp Broadcast Scheduler

    Kolom Author pada laman WhatsApp Broadcast dan WhatsApp Broadcast Scheduler akan menampilkan anggota tim yang melakukan pembuatan atau pembaruan pada broadcast atau campaign tertentu.

    Generate WhatsApp Report

    Anggota tim yang terakhir membuat atau melakukan pembaruan pada laman Generate Report untuk channel WhatsApp akan muncul pada kolom Author.

    WhatsApp Template

    Detail pembaruan yang dilakukan anggota tim pada template WhatsApp yang akan digunakan dalam broadcast ditampilkan pada kolom Author dan Last Modified yang masing-masing menunjukkan nama anggota tim dan waktu terakhir pembaharuan template.

    Fitur tombol Quick Reply yang akan muncul pada pesan template Anda.
    Fitur tombol Call To Action untuk mengarahkan pelanggan ke aktivitas tertentu.

    Introduction to OCA Blast Lite

    OCA Blast Lite merupakan versi sederhana dari OCA Blast, yang menawarkan layanan pengiriman pesan omnichannel dengan berfokus pada channel serta fitur dasar dalam berkomunikasi dengan pelanggan.

    Dengan berlangganan OCA Blast Lite, Anda dapat menikmati layanan kirim pesan blast pada aplikasi pesan singkat yang digunakan pelanggan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu WhatsApp, SMS dan Email, serta memberikan promosi atau informasi terkait layanan yang Anda berikan melalui push notification.

    Fitur esensial yang Anda gunakan untuk berkomunikasi dengan pelanggan pada OCA Blast Lite memiliki beberapa limitasi dalam penggunaannya. Namun, Anda dapat menyesuaikan layanan OCA Blast Lite yang akan Anda gunakan dengan berlanggan fitur untuk menikmati fitur tertentu tanpa batas sesuai kebutuhan.

    Melalui cara ini, Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya yang lebih besar untuk menikmati layanan kirim pesan blast dengan fitur yang tidak diperlukan.

    Getting Started

    Untuk mengakses dashboard OCA Blast Lite Indonesia, akses halaman . Kemudian, masukkan email dan password yang telah Anda daftarkan sebelumnya.

    Membuat SMS Broadcast

    Pastikan Anda telah membuat grup kontak untuk broadcast sebelum mulai melakukan SMS Broadcast. Untuk membuat broadcast SMS baru, klik tombol Add SMS Broadcast pada bagian kanan atas halaman.

    Masukkan nama broadcast SMS yang akan dilakukan pada kolom Broadcast Name dan pilih grup kontak yang akan menerima pesan broadcast pada kolom Contact. Kemudian, Anda dapat memilih pesan template pada kolom Template dan kolom Message akan otomatis terisi dengan pesan yang telah dibuat pada pesan template yang Anda pilih. Anda tidak dapat menyunting pesan pada kolom Message.

    Klik Start Broadcast untuk memulai broadcast.

    Anda dapat memantau status broadcast dengan memilih tombol Report dengan ikon mata di bagian kanan pada setiap baris dari daftar campaign. Untuk memudahkan Anda dalam memantau broadcast dengan status tertentu, Anda dapat menggunakan filter Status yang dibagi menjadi

    All
    ,
    Preparation
    ,
    Processing
    ,
    Failed
    ,
    Finish
    , dan
    Terminated
    . Anda juga dapat menggunakan
    Date Picker
    untuk mencari
    campaign
    pada tanggal tertentu atau mencari
    campaign
    melalui nama
    campaign
    pada search bar.

    Berikut merupakan contoh tampilan report. Terdapat jumlah untuk masing-masing status broadcast, seperti jumlah pesan dengan status Delivered, In Queue, dan Failed. Anda juga dapat mengunduh hasil report kedalam file excel melalui tombol Download Report by Filter di bagian kanan atas.

    Tombol Add SMS Broadcast pada submenu SMS Broadcast.
    Membuat SMS Broadcast.
    https://sso.ocaindonesia.co.id/

    Pelajari informasi yang dapat Anda ketahui pada Dashboard Blast Lite.

    Atur daftar penerima sebelum melakukan aktivitas Broadcast di Dashboard Blast Lite.

    Gunakan panduan dokumentasi untuk melakukan Broadcast di Dashboard Blast Lite.

    Panduan dokumentasi untuk penggunaan File Management di Dashboard Blast Lite.

    What's New

    [Dashboard Blast] Update (Version 2.2.2)

    New Saat ini user dapat melakukan upload/select media, berdasarkan tipe-tipe bidang yang akan diblasting, melalui Form Blast WhatsApp.

    Refinement Saat ini menu Template dihapus, namun pada saat create campaign menu Template masih tersedia.

    Refinement Menyesuaikan contoh file pada fitur add contact

    dengan tipe file.csv.

    Refinement Menambahkan detil Read, Delivered, dan Submitted, pada WhatsApp Usage.

    Refinement Mengganti Description, pada IVR Template Builder.

    Refinement Pada saat melakukan proses registrasi, user mendapatkan validasi email berupa format email yang benar.

    Improvement Saat ini, user dapat mencaridetail report campaign, menggunakan nomor telfon yang sudah digunakan.

    Improvement Memperbaiki isu query load, pada data pagination.

    Bug Fixing Memperbaiki tombol Search Generate Report, yang sebelumnya tidak memberikan action apa-apa.

    [Dashboard Blast] Update (Version 2.2.1)

    Refinement Saat ini user dapat melihat status BI & CI session, di Dashboard Chat. Serta memperbaiki add start date report session BI & CI pada WhatsApp, juga mengganti WhatsApp Ussage Session menjadi Message.

    Bug Fixing Memperbaiki email template yang tidak sesuai dengan apa yang dikirim oleh user, serta membuat blast template builder menjadi lebih responsif.

    [Dashboard Blast] Update (Version 2.2.0)

    New Menambahkan fitur baru File Management, yang saat ini sudah bisa digunakan langsung di Dashboard Blast. Fitur ini, dapat digunakan untuk menyimpan, mengunggah, serta membagikan file untuk kebutuhan broadcasting, di Dashboard Blast.

    [Dashboard Blast] Update (Version 2.1.1)

    New Saat ini, user dapat mengisi dan melihat NPS Score, untuk layanan OCA Blast dan OCA Interaction, menggunakan surveysensum.

    Refinement Mengganti fitur Message, menjadi Session di Dashboard Blast.

    Bug Fixing User hanya mendapatkan 1 OrderID, pada saat create order.

    [Notification] Update (Version 2.1.0)

    New Mengimplementasikan skema bisnis terbaru dari OCA, untuk penggunaan WhatsApp.

    New Penyesuaian untuk harga Quota WhatsApp, dari skema bisnis terbaru OCA.

    [Dashboard Blast] Update (Version 2.0.0)

    New Guna mempermudah proseslog-in dan menanggulangi masalah lupa password, saat ini user bisa menggunakan SSO (Single Sign-on), pada semua produk-produk OCA.

    Improvement Pada saat pengajuan Template WhatsApp ke tim CS OCA, user akan mendapatkan informasi terkait media yang ingin diajukan.

    Refinement Penyesuaian untuklink Getting Started, di Menu OCA Blast.

    Refinement Saat ini, user dapat melihat nama contact group pada bagian Campaign List Scheduler.

    [Dashboard Blast] Update (Version 2.0.0)

    Refinement Memperbaiki expired order pada laman payment.

    Refinement User dapat melihat informasi terms of use pada saat pengajuan template WhatsApp.

    Refinement User akan mendapatkan informasi dari penggunaan private & corporate email pada form broadcast email.

    Refinement Menyesuaikan token registration flow menjadi lebih statis dan dinamis.

    Refinement Menambahkan Tooltip di convert quota pada halaman Adjust Quota.

    Refinement Replace Library untuk fitur calendar.

    Refinement Report Email Blast antar kontak dan hasil report tidak sesuai.

    Improvement User dapat melihat Call to Action (CTA) TIVA pada setiap laman Dashboard Blast.

    Bug Fixing User akan menerima email notifikasi masa berakhirnya subscription: H -3, hari H, hingga H +75.

    Bug Fixing Contact Pagination.

    [Notification] Update (Version 2.0.0)

    New Penyesuaian pada notification center

    • Menambahkan Status Template di notification center.

    • Menambahkan Status Subscription di notification center.

    • Menambhakan Status Top-up di notification center.

    • Menambahkan Status Email di notification center.

    • Menambahkan Status SMS di notification center.

    • Menambahkan Status WA di notification center.

    New User dapat melihat setiap "action" di panel notification center.

    New Menambahkan fiturredirect link di notification center pada Dashboard Blast.

    New Menambahkan fituradditional information di notification center pada Dashboard Blast.

    [Dashboard Blast] Hot Fixing (Version 2.0.0)

    Bug Fixing Menambah informasi "Freemium" pada laman pricing page di Dashboard.

    Bug Fixing Validasi login password.

    Bug Fixing Menghilangkan hit billing-informationserta menyesuaikan flow dari Top-up Quota.

    Bug Fixing Menyesuaikan setup quota sehingga poin-nya tidak lagi menyentuh angka 0.

    Bug Fixing Menyesuaikanflow dari pricing page.

    Bug Fixing Memperbaiki stuck trouble pada profile page.

    Bug Fixing Memperbaiki confirm order yang redirect kembali ke pricing page sesudah login.

    Bug Fixing Memperbaiki validation phone number pada saat proses registrasi.

    Bug Fixing Menyesuaikan autofill button "register" pada laman register.

    [Dashboard Blast] Update (Version 2.0.0)

    Improvement User dapat melihat informasi "Whats New" pada Dashboard Blast.

    Improvement Fitur remove duplicate contact pada metode: Add Contact, Add Manually, dan Copy Paste.

    Improvement Memperbarui desain laman Account Setting.

    Improvement User dapat melihat billing pada menu Account Setting.

    Improvement Tampilan dan flow baru, yang memungkinkan usser dapat melakukan top-up kuota blast.

    Refinement Memperbarui laman top-up page.

    Bug Fixing SMS Template empty state.

    Bug Fixing OCA Blast Top Up page adjustment.

    [Dashboard Blast] Update (Version 2.0.0)

    Improvement Notifikasi: Expired notifikasi pada menu dashboard OCA Blast.

    Improvement Notifikasi: Bila user expired, user dapat peringatan masa expired pada saat akan melakukan blast.

    Bug Fixing CSS: Label berstatus "Terminate" pada report detail berwarna merah.

    Bug Fixing Email: Email OCA Payment dari OCA tidak tampil gambar.

    Bug Fixing Generate Report WhatsApp: Preview Download di generate report WhatsApp belum tampil contact group.

    Bug Fixing Email Validation: Result email validation belum sesuai dengan alert.

    Refinement Register: Subscription and registration flow.

    Refinement Component: Refinement library field dropdown.

    Improvement Login : User dapat mengetahui apabila session login pada dashboard blast telah berakhir dan diarahkan untuk kembali login.

    Dashboard
    Contact Group
    Broadcast
    File Management

    Mengetahui Penyebab WhatsApp Broadcast Gagal Terkirim

    Dengan mengunduh laporan broadcast, Anda dapat mengetahui penyebab WhatsApp broadcast Anda gagal diterima oleh pelanggan dengan lebih spesifik.

    Klik salah satu kategori alasan gagal terkirim dan pelajari lebih lanjut untuk setiap detail alasan.

    24-Hour Limit Reached
    Detail Alasan
    Keterangan

    The message failed to send because the customer has not replied for more than 24 hours.

    Access Denied
    Detail Alasan
    Keterangan
    Access Required to Billing Channel
    Detail Alasan
    Keterangan

    Solusi: Hubungi OCA Helpdesk untuk bantuan pengecekan akun OCA Anda.

    Body Template Missing
    Detail Alasan
    Keterangan

    Solusi: Hubungi OCA Helpdesk untuk bantuan pengecekan variabel template yang digunakan.

    Connection Failed
    Detail Alasan
    Keterangan

    Solusi: Reset koneksi internet Anda dan pastikan koneksi stabil saat memulai broadcast.

    Connection Problem
    Detail Alasan
    Keterangan

    Solusi: Hubungi OCA Helpdesk untuk bantuan pengecekan pengiriman broadcast.

    Contact Does Not Exist
    Detail Alasan
    Keterangan

    Solusi: Periksa kembali kontak pelanggan.

    Failed as Meta's Experiment
    Detail Alasan
    Keterangan

    Solusi: Broadcast hanya dapat diterima jika pelanggan sudah mengirimkan pesan ke akun WhatsApp bisnis Anda terlebih dulu.

    Incomplete Contact Info
    Detail Alasan
    Keterangan

    Solusi: Periksa kembali dan pastikan variabel yang digunakan dalam template sesuai dengan variabel pada grup kontak yang digunakan.

    Insufficient Quota
    Detail Alasan
    Keterangan

    Solusi: Top up kuota broadcast WhatsApp Anda dan pastikan kuota sesuai dengan jumlah kebutuhan broadcast.

    Invalid Contact Info
    Detail Alasan
    Keterangan

    Solusi: Pastikan informasi kontak pelanggan Anda sudah sesuai ketentuan berikut.

    Invalid Template Format
    Detail Alasan
    Keterangan

    Solusi: Cek kembali template Anda dan pastikan seluruh pesan atau informasi sesuai dengan format yang ditentukan.

    Invalid Template or Contact
    Detail Alasan
    Keterangan

    Solusi: Cek kembali template atau kontak grup Anda dan pastikan informasi sesuai dengan format yang ditentukan.

    Invalid WhatsApp Number
    Detail Alasan
    Keterangan

    Solusi: Cek kembali nomor telepon pelanggan dan pastikan terhubung dengan WhatsApp.

    Message Exceeds Character Limit
    Detail Alasan
    Keterangan

    Solusi: Pastikan jumlah karakter pada Body Message tidak lebih dari 1024 karakter. Jumlah karakter dihitung termasuk variabel.

    Message Limit Reached
    Detail Alasan
    Keterangan

    Solusi:

    Need Subscription Renewal
    Detail Alasan
    Keterangan

    Solusi: Beli lisensi OCA Blast untuk dapat melakukan broadcast kembali.

    Not Delivered by WhatsApp
    Detail Alasan
    Keterangan

    Solusi: Meta membatasi jumlah pesan broadcast Marketing yang dapat diterima pelanggan sebanyak 2-3 pesan dalam 24 jam untuk menghindari spam. Pelajari untuk mehami lebih lanjut.

    Coba gunakan kategori pesan broadcast lain selain Marketing jika pesan bersifat penting.

    Out of Operation Time
    Detail Alasan
    Keterangan

    Solusi: Jadwalkan pengiriman broadcast WhatsApp pada waktu operasional (07.00 - 22.00).

    Hubungi OCA Helpdesk jika Anda memiliki kebutuhan pengiriman broadcast di luar jam tersebut.

    Phone Number Does Not Exist
    Detail Alasan
    Keterangan

    Solusi: Hubungi OCA Helpdesk untuk bantuan pengecekan nomor WhatsApp Business Anda.

    Problem on Recipient's Device
    Detail Alasan
    Keterangan

    Solusi: Pelanggan hanya dapat menerima pesan broadcast jika:

    System Couldn't Finish in Time
    Detail Alasan
    Keterangan

    Solusi: Pastikan koneksi internet Anda stabil dan ulangi pengiriman pesan broadcast setelah beberapa waktu.

    Hubungi OCA Helpdesk jika kendala masih terus terjadi.

    System Error
    Detail Alasan
    Keterangan
    Solusi
    System Limit Reached
    Detail Alasan
    Keterangan

    System Overload
    Detail Alasan
    Keterangan

    Solusi: Hubungi OCA Helpdesk untuk bantuan pengecekan sistem OCA.

    Template Disabled (Low Rating)
    Detail Alasan
    Keterangan

    Solusi: Buat dan ajukan template baru untuk digunakan dalam broadcast.

    Template Not Approved by Meta
    Detail Alasan
    Keterangan

    Solusi: Hubungi OCA Helpdesk untuk bantuan pengecekan status template yang digunakan.

    Template Not Found
    Detail Alasan
    Keterangan

    Solusi: Hubungi OCA Helpdesk untuk bantuan pengecekan Kategori dari template yang digunakan.

    Too Many Requests in a Short Time
    Detail Alasan
    Keterangan

    Solusi: Atur frekuensi pengiriman broadcast untuk mengurangi pengiriman broadcast dalam jumlah banyak di waktu yang bersamaan.

    Unregistered Account
    Detail Alasan
    Keterangan

    Solusi: Hubungi OCA Helpdesk untuk bantuan pengecekan sistem OCA.

    Unregistered WhatsApp Number
    Detail Alasan
    Keterangan

    Unsupported Customer Device
    Detail Alasan
    Keterangan

    Solusi: Pelanggan hanya dapat menerima pesan broadcast jika menggunakan WhatsApp dengan minimal versi berikut.

    Android: 2.21.15.15 SMBA: 2.21.15.15 iOS: 2.21.170.4 SMBI: 2.21.170.4 KaiOS: 2.2130.10 Web: 2.2132.6

    Unsupported Media Attachment
    Detail Alasan
    Keterangan

    Solusi: Pastikan media yang digunakan sesuai dengan format yang diperbolehkan.

    Unsupported WhatsApp Version
    Detail Alasan
    Keterangan

    Solusi: Pelanggan hanya dapat menerima pesan broadcast jika menggunakan WhatsApp dengan minimal versi berikut.

    Android: 2.21.15.15 SMBA: 2.21.15.15 iOS: 2.21.170.4 SMBI: 2.21.170.4 KaiOS: 2.2130.10 Web: 2.2132.6

    Unverified Sender Info
    Detail Alasan
    Keterangan

    Solusi: Hubungi OCA Helpdesk untuk bantuan pengecekan template yang digunakan.

    Your Account is On Maintenance
    Detail Alasan
    Keterangan

    Solusi: Hubungi OCA Helpdesk untuk bantuan terkait akun OCA Anda.

    Anda tidak memiliki akses untuk mengirim broadcast ke pelanggan.

    You are not part of the provider network. Please check your account or contact support.

    Anda tidak memiliki akses dari layanan provider. Ganti akun OCA Anda untuk melakukan pengirimin broadcast.

    Solusi: Hubungi OCA Helpdesk untuk bantuan terkait akses pengiriman broadcast pada akun Anda.

    Variabel Nama dan Nomor Telepon wajib diisi.

  • Hilangkan karakter +62, 62, atau 0 pada awal Nomor Telepon kontak.

  • Variabel pada kontak dan template sudah sesuai atau sama.

  • Atur rentang waktu pengiriman broadcast Anda.
  • Cek kembali informasi pada kontak grup untuk mengetahui kemungkinan nomor telepon pelanggan terduplikasi ke dalam beberapa kontak sehingga broadcast dikirimkan berkali-kali pada nomor telepon yang sama.

  • Perangkat aktif dan terhubung dengan internet.
  • Kapasitas penyimpanan perangkat mencukupi.

  • Aplikasi WhatsApp dan sistem operasi sudah diupdate.

  • Hubungi OCA Helpdesk untuk bantuan pengecekan penerimaan pesan oleh pelanggan.

    Terjadi gangguan saat mengakses API.

    Hubungi OCA Helpdesk untuk bantuan pengecekan sistem OCA.

    Provider failed to process broadcast. Quota will be refunded after 31 days.

    Provider layanan tidak dapat memproses pengiriman broadcast.

    Jadwalkan pengiriman broadcast baru. Untuk sementara, kuota Anda akan dikembalikan setelah 31 hari dari pesan gagal terkirim.

    Failed to proceed by system.

    Terjadi gangguan pada proses pengiriman.

    Hubungi OCA Helpdesk untuk bantuan pengecekan sistem OCA.

    Message failed to send due to an unknown error.

    Terjadi gangguan pada sistem OCA.

    Hubungi OCA Helpdesk untuk bantuan pengecekan sistem OCA.

    The connection was unexpectedly closed by the remote server.

    Terjadi gangguan koneksi pada sistem OCA.

    Hubungi OCA Helpdesk untuk bantuan pengecekan sistem OCA.

    The operator does not exist.

    Terjadi gangguan pada operator sistem OCA.

    Hubungi OCA Helpdesk untuk bantuan pengecekan sistem OCA.

    The request could not be completed. Please try again later or contact support if the issue persists.

    Terjadi gangguan untuk mengakses URL dalam sistem OCA.

    Hubungi OCA Helpdesk untuk bantuan pengecekan sistem OCA.

    The server encountered an issue while processing your request.

    Terjadi gangguan pada sistem OCA.

    Hubungi OCA Helpdesk untuk bantuan pengecekan sistem OCA.

    The server returned a 502 Bad Gateway error, indicating that the server received an invalid response from an upstream server. Please try again later or contact support for further assistance.

    Terjadi gangguan pada sistem OCA.

    Hubungi OCA Helpdesk untuk bantuan pengecekan sistem OCA.

    Solusi:
    Jadwalkan pengiriman pesan di lain waktu atau hubungi OCA Helpdesk untuk bantuan pengecekan.
    Solusi: Hubungi OCA Helpdesk untuk bantuan pengecekan sistem OCA.
    Gambar: .jpeg, .jpg dengan maksimal ukuran 5 MB.
  • Video: .mp4, .3gp dengan maksimal ukuran 16 MB.

  • Dokumen: .txt, .xls, .xlsx, .doc, .docx, .ppt, .pptx, .pdf dengan maksimal ukuran 50 MB.

  • Pelanggan tidak memberikan respon terhadap pesan terakhir lebih dari 24 jam.

    Permission is either not granted or has been removed.

    Anda kehilangan akses untuk mengirim broadcast ke pelanggan.

    The operator is not authorized to perform this action. Please contact support.

    Anda tidak memiliki akses untuk mengirim broadcast ke pelanggan.

    The requested object does not exist or cannot be accessed due to permission issues.

    Anda kehilangan akses untuk mengirim broadcast ke pelanggan.

    You do not have access to the required billing channel. Please contact support.

    Anda tidak memiliki akses untuk membayarkan tagihan layanan OCA.

    The request included one or more unsupported or misspelled parameters.

    Terdapat informasi yang kurang lengkap pada template WhatsApp yang digunakan dalam broadcast.

    The connection was unexpectedly closed while trying to access the requested URL.

    Terjadi gangguan koneksi saat mengakses URL yang tercantum di dalam broadcast.

    Unable to connect to the server. Please check your network and try again.

    Terdapat masalah pada koneksi internet Anda.

    The connection to the server timed out.

    Terjadi gangguan koneksi pada sistem OCA.

    The request timed out. Please try again later.

    Terjadi gangguan koneksi pada sistem OCA.

    The contact does not exist.

    Nomor WhatsApp pelanggan tidak ditemukan.

    Message was not sent as part of an experiment.

    Nomor telepon pelanggan termasuk ke dalam uji coba Meta dan tidak dapat menerima beberapa broadcast dalam waktu berdekatan.

    The request is missing a required parameter.

    Informasi dari kontak pelanggan tidak lengkap.

    You do not have enough balance.

    Kuota WhatsApp dari kategori pesan yang digunakan tidak mencukupi.

    Your account does not have enough credit to complete this action.

    Kuora WhatsApp Anda tidak mencukupi.

    A parameter value is invalid. Please check your inputs and try again.

    Informasi pada kontak pelanggan tidak valid.

    One or more parameter values are invalid.

    Informasi pada kontak pelanggan tidak valid.

    A parameter value is invalid. Please check your inputs and try again.

    Template yang digunakan tidak sesuai dengan format yang ditentukan, misalnya terkait jumlah karakter, URL, tipe informasi, dll.

    A parameter value is invalid. Please check your inputs and try again.

    Template atau informasi pada kontak tidak sesuai dengan format yang ditentukan.

    The provided MSISDN is invalid. Please check the format or ensure the number is correct.

    Nomor telepon pelanggan tidak terhubung dengan WhatsApp.

    Translated text is too long.

    Body text pada template terlalu panjang dan melebihi jumlah karakter yang ditentukan.

    Too many messages sent from the sender phone number to the same recipient phone number in a short period of time.

    WhatsApp menghentikan pengiriman broadcast karena akun OCA Anda mengirim terlalu banyak broadcast di waktu yang berdekatan.

    Your account has expired. Please renew it to continue using the service.

    Masa berlangganan Anda telah berakhir.

    This message was not delivered to maintain healthy ecosystem engagement.

    Pelanggan menerima terlalu banyak broadcast Marketing dalam waktu yang singkat.

    The request was sent outside of the allowed time window.

    Broadcast dijadwalkan untuk dikirim di luar waktu operasional OCA Blast.

    The business phone number has been deleted.

    Nomor telepon pelanggan tidak lagi terdaftar pada WhatsApp.

    The receiver is incapable of receiving the message.

    Spesifikasi pada aplikasi atau perangkat pelanggan tidak dapat menerima pesan broadcast.

    The operation took too long to complete. Please retry later.

    Pesan gagal dikirim karena proses pengiriman melewati batas waktu yang telah ditentukan.

    An internal error occurred. Please try again or contact support.

    Terjadi gangguan pada sistem OCA.

    Hubungi OCA Helpdesk untuk bantuan pengecekan sistem OCA.

    An unexpected error occurred. Please try again or contact support.

    Terjadi gangguan pada sistem OCA.

    Hubungi OCA Helpdesk untuk bantuan pengecekan sistem OCA.

    Cloud API message throughput has been reached.

    Jumlah pesan dikirim dalam 24 jam melebihi batas maksimum yang ditentukan Meta.

    The application has exceeded its request limit. Try again later.

    Jumlah pesan dikirim dalam 24 jam melebihi batas maksimum yang ditentukan Meta.

    Your requests have been throttled. Please wait a moment before retrying.

    Jumlah pesan dikirim dalam 24 jam melebihi batas maksimum yang ditentukan Meta.

    Temporary due to downtime or due to being overloaded.

    Sistem OCA mengalami overload karena terlalu banyak akses.

    Template is paused due to low quality so it cannot be sent in a template message.

    Template yang digunakan menerima banyak ulasan negatif sehingga Meta membatasi penggunaan template.

    The template does not exist in the specified language or the template has not been approved.

    Template belum disetujui oleh Meta.

    The template category does not exist.

    Kategori template tidak ditemukan.

    The template does not exist.

    Template tidak ditemukan.

    The server has received too many requests in a short period. Please try again later or reduce the frequency of your requests.

    Terjadi gangguan pada sistem OCA karena pengiriman broadcast melebihi batas layanan yang ditentukan.

    The account you are trying to access is not registered. Please check the account details or register the account.

    Akun Anda tidak terdaftar untuk mengirim broadcast.

    The message could not be delivered.

    Nomor telepon pelanggan tidak terdaftar pada WhatsApp.

    The provided user is not valid.

    Nomor telepon pelanggan tidak terdaftar pada WhatsApp.

    Unable to deliver message.

    Nomor telepon pelanggan tidak terdaftar pada WhatsApp.

    The device is not suitable for this operation. Please ensure the device meets the required specifications or try a different device.

    Spesifikasi pada aplikasi atau perangkat pelanggan tidak dapat menerima pesan broadcast.

    The specified resource type is invalid or unsupported.

    File media dalam template tidak sesuai dengan format yang ditentukan.

    The recipient's WhatsApp version is unsupported.

    Versi aplikasi WhatsApp milik pelanggan tidak dapat menerima pesan broadcast.

    The specified sender could not be found. Please verify the sender's details and try again.

    Informasi Sender Name pada template broadcast tidak ada.

    The business account is currently in maintenance mode and cannot process requests at this time.

    Akun OCA Anda sedang dalam perbaikan.

    Pembatasan Pesan Meta

    The requested service is not allowed. Please check your permissions or contact support.

    API access has been disrupted. Please visit the App Dashboard and complete the Data Use Checkup to restore access.

    Mengetahui Penyebab SMS Broadcast Gagal Terkirim

    Dengan mengunduh laporan broadcast, Anda dapat mengetahui penyebab SMS broadcast Anda gagal diterima oleh pelanggan dengan lebih spesifik.

    Lihat detail alasan gagal pengiriman dari broadcast Anda pada tabel di bawah ini.

    Alasan Gagal Pengiriman
    Detail Alasan
    Keterangan
    Solusi

    Insufficient Quota

    You do not have enough balance.

    Kuota broadcast email Anda tidak mencukupi.

    Top up kuota broadcast WhatsApp Anda dan pastikan kuota sesuai dengan jumlah kebutuhan broadcast.

    Invalid Phone Number

    Provider cannot send message because the recipient's phone number is not registered.

    Nomor telepon pelanggan tidak terdaftar.

    Cek kembali nomor telepon pada grup kontak.

    Need Subscription Renewal

    Account Expired

    Masa berlangganan Anda telah berakhir.

    Beli lisensi OCA Blast untuk dapat melakukan pengiriman broadcast.

    System Error

    Error occured on the provider's system.

    Terjadi gangguan pada sistem penyedia layanan SMS.

    Hubungi OCA Helpdesk untuk bantuan pengecekan pengiriman broadcast SMS.

    Unsupported Country Code

    OCA's service is currently not available for the specified country code.

    Nomor telepon berada di luar jangkauan OCA sehingga terdapat pembatasan pengiriman broadcast ke pelanggan.

    Hubungi OCA Helpdesk untuk pengiriman SMS ke nomor telepon luar negeri.