OCA Interaction
🇮🇩 Bahasa Indonesia
🇮🇩 Bahasa Indonesia
  • Introduction to OCA Interaction
  • OCA Interaction Guide
    • Interaction Menu
      • Observe
        • Force Distribution
        • Viewer Mode
        • Customer
        • Archive
        • Log History
      • Inbox
        • Send and View Attachment in Chat
        • Move Conversation to Another Channel
        • Handling Quota Conversation
        • Automatic Away, if no activity is found on Dashboard Interaction
        • Customer Information Details
        • View and Save Shared Contact from WhatsApp
        • Labelling
        • Using Quick Reply
        • Transfer Agent
        • Bulk Transfer Chat
        • Mention Email
        • Ticket
        • Filter and Search
        • Abandoned Open & Expired
        • Resolve All Expired Chatroom Button
        • Auto Save as Draft
        • Enable Notification Dashboard Interaction
        • Suggestion Email
      • Ticket
        • Internal Communication
        • Bulk Assignee Ticket
        • Creating Tiket
        • Ticket Details dan Ticket Assignment
        • Resolving Tiket
      • Contacts
        • Conversation & Ticket History in Contact
        • Creating New Contact
        • Custom Field Contact
      • Report
        • Perfomance
        • Insights
          • Report Insight Inbox
          • Report Insight Outbox
        • Activity Report
        • Ticket Report
        • Label Report
        • Survey Report
        • Chatbot Report
      • Survey Blast
      • Knowledge Base
        • Finding Information in Knowledge Base
      • Wallboard
      • Outbox Email
      • Customer Dashboard
        • Inviting Customers to Customer Dashboard
        • Using Customer Dashboard
        • Resolving Ticket in Customer Dashboard
      • Telephony
    • Interaction Settings
      • Account & Notifications
      • Member Management
        • Treatment Handling Chat
        • Download Data Member
        • Members
        • Departments
        • Agent Department Rules
        • Agent Priority Department Assignment
        • Agent Chat Rules
        • Agent Away State
      • Ticket
        • Rules
          • Ticket Messages
          • Ticket Access
            • Ticket Escalation
          • Inbound Messages as Ticket
          • Ticket Closure
          • Customer Dashboard
        • Form Builder
        • Status
        • Category
        • Service-Level Agreement (SLA)
      • Chatroom
        • Quick Reply
        • Signature for Email
        • Auto Messages
      • Channel
        • Integrasi Live Chat
        • Integrasi Channel WhatsApp
        • Integrasi Channel Email
        • Integrasi Channel Facebook Messenger
        • Integrasi Komentar dari Facebook
        • Integrasi Channel Instagram
        • Integrasi Webchat Widget FBM
        • Melakukan Integrasi Ulang pada Akun Meta (Facebook Messenger dan Instagram)
        • Integrasi Channel Telegram
        • Integrasi Channel dengan Chatbot
      • Category
      • Survey
        • Deciding Respondent Numbers for Blast Survey
        • Creating Survey Form
        • Creating an Automatic Timely Survey
        • Viewing Survey Results
      • Knowledge Base
        • Creating Article in Knowledge Base
      • Profile Sidebar
        • Status Available for Agent Away State
  • Release Notes
    • What's New
  • Kembali ke OCA Product Documentation
Powered by GitBook
On this page
  • Mengirim Dokumen dalam Chat
  • Melihat Riwayat Dokumen Terkirim
  1. OCA Interaction Guide
  2. Interaction Menu
  3. Inbox

Send and View Attachment in Chat

PreviousInboxNextMove Conversation to Another Channel

Last updated 15 days ago

Mengirim Dokumen dalam Chat

Anda dapat menerima dan mengirimkan berbagai dokumen dan media kepada pelanggan Anda saat berinteraksi.

Klik ikon attachment untuk mulai memilih dokumen yang akan dikirim dari perangkat Anda.

Klik Browse File pada jendela yang muncul.

Untuk mengupload file, Anda juga dapat menarik dan menggeser file dari folder perangkat Anda ke area ruang percakapan.

Anda hanya dapat mengirim dokumen atau media sesuai dengan format dan ukuran yang telah Anda tentukan di Chatroom Settings.

Untuk mengganti dokumen atau media yang telah Anda unggah sebelumnya, klik ikon tempat sampah di sebelah dokumen Anda untuk menghapus dokumen tersebut.

Klik Browse File atau tarik dan geser dokumen ke kotak Upload Your File untuk mengunggah atau menambah dokumen lainnya.

Anda hanya dapat mengirimkan file dengan format yang sebelumnya telah Anda atur pada menu Settings.

Masukkan pesan yang ingin Anda kirimkan pada bagian Caption dan klik Send File untuk mengirim dokumen tersebut kepada pelanggan Anda.

Jika pengaturan format attachment dalam chat dinonaktifkan melalui menu Settings > Attachment, agent tidak dapat mengirimkan dokumen apapun karena ikon Attachment di ruang percakapan akan nonaktif.

Melihat Riwayat Dokumen Terkirim

Anda dapat melihat seluruh dokumen dan media yang telah diterima dan dikirimkan dalam percakapan dengan mengklik View Details pada ruang percakapan yang sedang dibuka.

Kemudian, klik tab Chatroom dan klik View All Attachments.

Dokumen yang terkirim terbagi ke dalam 3 kategori, di antaranya adalah Media, File, dan tautan (Links). Sementara, untuk channel email hanya akan terdapat 2 kategori, yaitu Media dan File.

Tab Media akan menampilkan item berupa gambar (.png, .jpeg, dan .jpg) serta video (.mp4 dan .webm). Sementara, tab File akan menampilkan item dalam format .pdf, .doc, .ppt, .xls, .txt, .docx, pptx, xlsx, csv dan juga audio dalam format .mp3 dan .ogg.

Anda dapat mensortir dokumen berdasarkan waktu dan dapat melakukan filter sesuai tanggal dikirim dokumen.

Klik ikon unduh di kanan bawah dokumen atau media untuk menyimpan item tersebut ke perangkat Anda. Selain itu, Anda dapat mengklik Show in Chat pada dokumen atau media untuk melihat item tersebut dalam percakapan.

Notifikasi akan muncul jika dokumen atau media telah berhasil di-download di perangkat Anda.

Sementara itu, pada tab Links, Anda dapat langsung mengklik tautan untuk kemudian diarahkan ke halaman tersebut pada jendela baru atau mengklik ikon salin untuk menyalin tautan.