OCA API
  • Mengenal OCA API
  • Panduan OCA API
    • Overview
      • WhatsApp
        • Mengetahui Penyebab WhatsApp Broadcast Gagal Terkirim
      • SMS
        • Mengetahui Penyebab SMS Broadcast Gagal Terkirim
      • SMS OTP (Premium)
        • Mengetahui Penyebab SMS OTP (Premium) Gagal Terkirim
      • Call
      • Email
        • Mengetahui Penyebab Email Broadcast Gagal Terkirim
    • My Application
    • Generate Report
    • WhatsApp Template
  • API Reference
    • SMS Premium
    • SMS Reguler
    • Email
    • IVR Call
    • WhatsApp
  • Release Notes
    • What's New
  • Kembali ke OCA Product Documentation
Powered by GitBook
On this page
  • Metode Autentikasi Aplikasi
  • 1. Basic Authentication
  • 2. Token Authentication
Export as PDF
  1. Panduan OCA API

My Application

PreviousMengetahui Penyebab Email Broadcast Gagal TerkirimNextGenerate Report

Last updated 7 months ago

Laman My Application berfungsi untuk memantau setiap transaksi atau panggilan API yang sudah dilakukan melalui OCA API. Untuk saat ini, hanya pengguna yang telah menggunakan atau mengajukan layanan ini yang dapat mengakses laman My Application.

Klik kotak dari aplikasi yang ingin dilihat untuk kemudian diarahkan ke halaman Details App menemukan informasi dari aplikasi API seperti pada gambar di bawah ini.

Metode Autentikasi Aplikasi

Jika Anda ingin menggunakan layanan OCA API dan menghubungkannya pada channel komunikasi yang telah ada, Anda diharuskan untuk melakukan pengaturan autentikasi terlebih dahulu.

Untuk saat ini Anda dapat melakukan autentikasi dengan metode Basic Authentication atau Token Authentication.

1. Basic Authentication

Dalam metode autentikasi ini, Anda memerlukan email pengguna dan kata sandi untuk menghubungkan layanan OCA API pada channel komunikasi Anda.

Anda dapat menggunakan API Reference V1 pada setiap channel apabila menggunakan Basic Auth.

  • SMS Premium API V1

  • SMS Regular V1

  • Email V1

  • IVR Call V1

2. Token Authentication

Melalui metode token autentikasi OCA API, Anda diharuskan untuk mengunduh token yang ada di laman My Application. Anda memerlukan masing-masing 1 (satu) token untuk menghubungkan API ke tiap channel yang dimiliki.

Anda diwajibkan untuk update endpoint yang digunakan apabila telah mengganti authentication menggunakan token di tiap channel ke dokumentasi API Channel pada section API REFERENCE

  • SMS Premium API V2

  • SMS Regular V2

  • Email V2

  • IVR Call V2

  • WhatsApp V3 (under maintenance)

Untuk mulai autentikasi, klik aplikasi yang ingin Anda hubungkan dan Anda akan masuk ke laman Details App. Pada laman ini, terdapat informasi terkait Application Name, Application ID, channel yang terhubung, dan kuota yang tersisa pada tiap channel.

Pilih salah satu channel pada kotal Select Channel dan klik Generate untuk mulai mendapatkan token autentikasi.

Pastikan Anda telah memilih channel yang diinginkan dan klik Yes, Generate untuk mendapatkan token.

Pastikan Anda menyimpan key atau token yang diberikan pada perangkat Anda untuk dapat diakses nantinya karena OCA tidak akan menyimpan dan menampilkan key atau token Anda.

Jika API telah berhasil terhubung pada salah satu channel, channel tersebut akan memiliki status Active.

Sementara itu, jika Anda ingin mendapatkan token baru untuk channel yang telah terhubung dengan OCA API, token lama pada channel tersebut akan kadaluarsa dan tidak dapat digunakan kembali.